kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Segar, infused water ceri bermanfaat menurunkan asam urat tinggi


Rabu, 28 April 2021 / 04:50 WIB
Segar, infused water ceri bermanfaat menurunkan asam urat tinggi


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam urat penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Apakah Anda salah satu penderita asam urat? Infused water ceri bermanfaat menurunkan asam urat tinggi. 

Anda pasti familiar dengan penyakit asam urat. Tidak heran, penyakit yang satu ini umum diderita masyarakat tanah air.

Baca Juga: Kompres jahe bermanfaat meredakan nyeri akibat asam urat tinggi

Mengutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, umumnya penyakit asam urat mulai menyerang seseorang saat menginjak usia 30 tahun. 

Seseorang menderita asam urat karena adanya peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Sehingga, asam urat menumpuk dan mengendap di dalam sendi-sendi. 

Hal ini menyebabkan seseorang merasa nyeri sendi di bagian tertentu. Umumnya, penderita asam urat menderita nyeri di bagian jempol kaki. 

Penderita pasti merasa tidak nyaman dan sulit beraktivitas saat asam urat kambuh. 

Asal tahu saja, penyakit asam urat dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah mengonsumsi makanan mengandung purin tinggi secara berlebihan. 

Mengutip dari situs Kompas.com, beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi adalah jeroan, otak sapi, kembang kol, dan hati sapi. 

Umumya, penderita minum obat resep dokter untuk menurunkan kadar asam urat. Opsi lainnya, sebagian orang bisa mengonsumsi buah atau rempah-rempah yang memiliki manfaat menurunkan asam urat tinggi. 

Mengutip dari buku berjudul Variasi Favorit Infused Water Berkhasiat karya Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz., Yunita Indah Prasetyaningrum, S.Gz, asam urat juga bisa diobati dengan minum infused water yang dicampur dengan buah-buahan penurun asam urat. 

Infused water ceri menurunkan asam urat tinggi

Buah ceri segar dipercaya baik untuk dikonsumsi para penderita asam urat. Buah ceri segar mengandung antosianin yang bermanfaat mengobati asam urat sekaligus menurunkan kadar gula darah. 

Alih-alih dikonsumsi secara langsung, Anda bisa membuat infused water ceri untuk mengobati asam urat. 

Membuat infused water ceri sebagai obat herbal asam urat cukup mudah. Anda sediakan buah ceri segar 80 gram dan air matang 500 ml. 

Anda cuci buah ceri sampai bersih lalu belah menjadi dua bagian. Anda masukkan buah ceri ke dalam air dan tutup botol dengan rapat. 

Anda simpan botol tersebut di dalam kulkas selama 4-5 jam. Anda minum infused water ceri sampai habis. 

Anda bisa minum infused water ceri secara rutin. Selain itu, Anda harus menghindari konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi agar kadar asam urat mencapai nilai normal.

Baca Juga: 4 Manfaat infused water jeruk nipis: menurunkan berat badan sampai asam urat tinggi

Baca Juga: Asam urat tak kunjung reda? Kunyit efektif menurunkan asam urat tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×