kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saat bos Krakatau Steel, Vale, dan Ancora bercerita perihal swab test


Jumat, 18 Desember 2020 / 18:28 WIB
Saat bos Krakatau Steel, Vale, dan Ancora bercerita perihal swab test
ILUSTRASI. Petugas kesehatan memeriksa sampel tes usap PCR di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda)


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 belum juga menunjukkan penurunan kasus. Pemeriksaan seperti swab test menjadi semakin penting. Metode ini pun rutin dilakukan oleh sejumlah direksi perusahaan terkemuka.

Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) Silmy Karim menegaskan, swab test sangat penting. Tak hanya bagi diri sendiri, swab test juga perlu untuk menjaga lingkungan sekitar.

"Kalau kita care dengan diri kita dan orang sekitar kita, maka harus memastikan diri sendiri sehat. Jadi penting sekali," ungkapnya kepada Kontan.co.id, Jum'at (18/12).

Silmy pun sudah lebih dari lima kali melakukan swab test. Dia pernah melakukan swab test di kantor maupun secara drive thru. Silmy juga pernah melakukan swab test di rumah, sehingga tidak perlu bepergian dan memakan waktu.

"Kalau ke rumah sakit ada rasa was-was bisa terpapar penyakit. (Swab test di rumah) juga masalah waktu, kadang perlu cepat," katanya.

Selain Silmy, Direktur Keuangan PT Vale Indonesia Tbk (INCO) Bernardus Irmanto memandang penting swab test secara rutin. Bernardus pun sudah melakukan swab test lebih dari lima kali.

"Menurut saya kalau kita banyak beraktivitas di luar, maka penting untuk melakukan swab test, untuk memastikan kondisi. Ini saya lakukan untuk menjaga keluarga juga," sebutnya.

Baca Juga: Tak antre, ini cara daftar tes corona di bandara Soekarno Hatta lewat aplikasi e-HAC

Namun, Bernardus lebih memilih untuk melakukan swab test di laboratorium atau klinik kesehatan. Kata dia, swab test di rumah bisa jadi lebih nyaman karena tidak harus mengantre dan bepergian.

Namun, biasanya klinik atau lab akan mensyaratkan minimum jumlah orang yang akan melakukan swab test di rumah.

Bernardus pun belum ingin mencoba swab test yang dilakukan secara mandiri. "Saya belum mengetahui secara detail tentang hal itu. Jadi selama ini saya tetap lebih percaya test yang dilakukan oleh pihak berkompeten, dalam hal ini petugas medis," ungkapnya.

Direktur Utama PT Ancora Indonesia Resources Tbk (OKAS) Rolaw P. Samosir juga berpandangan swab test sangat penting lantaran masih merupakan metode test covid-19 yang paling akurat. Selama ini, Rolaw lebih memilih menjalankan test swab di rumah sakit.

"Tidak perlu takut untuk test swab di rumah sakit. Karena harusnya tidak masalah sepanjang rumah sakit melakukan protokol yang sudah ditentukan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×