kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penyebab dan cara mengatasi pembuluh darah pecah yang bisa Anda lakukan


Selasa, 08 Desember 2020 / 07:36 WIB
Penyebab dan cara mengatasi pembuluh darah pecah yang bisa Anda lakukan
ILUSTRASI. Pembuluh darah pecah bisa Anda atasi dengan bahan alami dan pengobatan medis.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembuluh darah pecah atau spider veins terjadi ketika pembuluh darah di bawah permukaan kulit melebar dan membesar. Kondisi tersebut bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, tapi biasanya lebih banyak muncul di wajah dan kaki.

Penyebab Pembuluh Darah Pecah

Ada banyak hal yang menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya hal tersebut adalah genetik dan usia. Selain itu, wanita hamil juga lebih rentan mengalami kondisi tersebut karena jumlah hormon estrogen yang mengalami peningkatan.

Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa paparan sinar matahari juga dapat mengakibatkan spider veins. Saat kulit terpapar banyak sinar matahari dalam jangka waktu yang relatif lama, Anda bisa mengalami sunburn. Sunburn itulah yang membuat pembuluh darah menjadi lebih terlihat.

Tak hanya itu, spider veins juga bisa diakibatkan oleh hal lain. Mulai dari perubahan cuaca, iritasi terhadap lingkungan, kecelakaan, bersin, dan muntah. Namun, Anda tak perlu khawatir karena spider veins bisa Anda atasi dengan bahan alami dan pengobatan medis.

Baca Juga: 4 Langkah turunkan kolesterol tanpa obat

Cara Mengatasi dengan Bahan Alami

Mengutip dari Healthline, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi pembuluh darah pecah. Pertama, Anda bisa memakai cuka apel. Bahan alami itu mampu mengurangi kemerahan dan gejala lain yang muncul akibat spider veins.

Kedua, Anda bisa mengatasi spider veins menggunakan air hangat. Gunakan air hangat secara perlahan untuk membasuh wajah atau bagian tubuh yang lain. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan memakai air panas karena bisa memperparah kondisi spider veins.

Cara Mengatasi dengan Pengobatan Medis

Jika beberapa bahan alami yang telah disebutkan tak bisa mengatasi pembuluh darah pecah secara maksimal, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat pengobatan medis. Ada beberapa pilihan pengobatan yang bisa Anda coba.

Pertama, Anda bisa memakai krim retinoid. Krim yang mengandung retinoid bekerja dengan cara menghilangkan bagian terluar kulit sehingga kemunculan spider veins berkurang. Kedua, Anda bisa memakai terapi laser.

Baca Juga: Stroke bisa menyerang siapa saja, termasuk anak muda, begini mencegahnya

Cara Mencegah

Supaya pembuluh darah pecah tak Anda alami terlalu sering, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan. Pertama, hindari paparan sinar matahari. Anda bisa melindungi kulit dengan memakai sunscreen.

Kedua, hindarilingkungan yang terlalu panas. Ketiga, hindari mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Jika memang diperlukan, Anda bisa tak mengonsumsi alkohol sama sekali. Keempat, jangan lupa untuk memakai alat perlindungan diri dari hal-hal yang bisa menimbulkan spider veins.

Selanjutnya: Cara mencegah serangan jantung berdasarkan tingkatan usia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×