kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Patut dicoba, inilah 4 cara mengatasi anak susah makan


Senin, 09 November 2020 / 07:38 WIB
Patut dicoba, inilah 4 cara mengatasi anak susah makan
ILUSTRASI. Cara mengatasi anak susah makan perlu dilakukan agar kesehatan anak tetap terjaga. Model : Yessy Pisca (Ibu) dan Jevion Edric (Usia 15 Bulan) TRIBUN JATENG/Hermawan Handaka


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anak susah makan merupakan salah satu hal yang biasa terjadi. Namun, hal itu membuat orangtua merasa stres. Cara mengatasi anak susah makan pun perlu dilakukan agar tak jadi kebiasaan dan menimbulkan penyakit.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), anak susah makan biasanya disebabkan karena hal yang sepele. Misalnya, memiliki pilihan makanan tertentu, tidak merasa lapar, sakit tenggorokan atau sakit perut, dan lain-lain.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika anak susah makan berlangsung dalam jangka waktu lama. Bisa saja kebiasaan itu tak hanya karena anak yang suka pilih-pilih, tapi ada masalah kesehatan lain yang dirasakan oleh anak.

Jika anak sering tersedak, kesulitan untuk menelan, dan sukar untuk mengunyah makanan, Anda perlu memeriksakannya ke dokter. Namun, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini agar keinginan anak untuk makan kembali meningkat.

Baca Juga: 4 Cara asik mengasah motorik halus anak dengan permainan sederhana

Kurangi Distraksi

Salah satu tips yang bisa Anda coba agar anak bisa makan sesuai dengan porsi yang dibutuhkan adalah dengan mengurangi distraksi. Cobalah untuk tidak menggunakan ponsel, menyalakan TV, atau menghidupkan barang elektronik lainnya yang bisa membuat anak tak tertarik untuk makan.

Usahakan untuk membuat area makan anak menjadi lebih kondusif. Cari tempat duduk dan perlengkapan makan yang membuatnya nyaman. Selain itu, Anda juga bisa mengisi waktu makan dengan mengobrol agar hubungan Anda dan anak semakin dekat.

Sesuaikan Porsi

Healthline mengatakan bahwa mengatur porsi makan yang sesuai dengan kondisi anak bisa jadi cara agar anak mau makan. Bisa saja selama ini anak enggan menghabiskan semua makanan yang ada di piring. Cobalah untuk mengurangi porsi makan anak Anda.

Jangan Makan Sebelum Tidur

Cara mengatasi anak susah makan selanjutnya adalah dengan mengatur jadwal makan. Usahakan agar anak tidak makan berdekatan dengan waktu tidurnya. Hal yang sama juga berlaku saat anak baru bangun tidur. Menyuruhnya makan saat mengantuk akan membuatnya malas mengonsumsi hidangan yang telah Anda siapkan.

Baca Juga: 6 kiat menyenangkan dan mudah agar anak doyan makan sayur

Libatkan Anak

Melibatkan anak saat memasak bisa jadi cara meningkatkan keinginannya untuk makan, lo. Anda bisa menanyakan pada anak ingin memakan apa. Setelah itu, ajak anak untuk berbelanja bahan-bahan yang dibutuhkan.

Arahkan mereka untuk melakukan proses memasak yang mudah dan aman dilakukan, misalnya mencuci wortel. Dengan begitu, anak akan menjadi lebih tertarik untuk memakan hidangan yang telah ia masak.

Selanjutnya: 6 Cara ampuh mengatasi anak susah makan sayur dan buah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×