kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Obat sariawan dan cara mencegahnya


Rabu, 26 Agustus 2020 / 13:54 WIB
Obat sariawan dan cara mencegahnya


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Sariawan adalah luka pada pipi bagian dalam, bibir, lidah, dan gusi. Sariawan menimbulkan sakit dan rasa tidak nyaman saat berbicara, makan, atau minum. Obat sariawan diperlukan untuk mengatasi rasa sakit tersebut.

Penyebab sariawan tidak bisa ditentukan secara pasti. Namun, ada beberapa hal yang berkontribusi dalam timbulnya sariawan. Mengutip dari Very Well Health (verywellhealth.com), kerusakan pada jaringan adalah hal umum yang menyebabkan sariawan.

Luka dalam mulut bisa terjadi saat menggosok gigi terlalu kasar, penggunaan kawat gigi, dan bagian dalam mulut yang tergigit secara tidak sengaja. Selain itu, infeksi bakteri, virus, atau jamur juga bisa jadi penyebab sariawan.

Baca Juga: Selain B12, vitamin-vitamin ini juga penting untuk tubuh, lo

Meski bisa disembuhkan dengan mudah, ada beberapa kasus sariawan bisa jadi tanda penyakit yang lebih serius. Beberapa penyakit yang berhubungan dengan sariawan adalah infeksi herpes, infeksi penyakit seksual, leukoplakia, gingivostomatis, kanker mulut, dan lain sebagainya.

Obat Sariawan

Very well Health menyebutkan bahwa sariawan biasa terjadi selama satu hingga dua minggu. Jika sariawan Anda alami selama lebih dari waktu tersebut, Anda perlu memeriksakannya ke dokter agar mendapat perawatan yang tepat.

Anda membutuhkan obat sariawan agar kondisi kesehatan Anda tidak menjadi parah. Pertama, Anda bisa menggunakan obat oles yang diaplikasikan langsung pada sariawan. Kedua, Anda bisa berkumur dengan air garam.

Untuk mendinginkan rasa panas yang muncul akibat sariawan, Very Well Health menyarankan untuk memakai es batu di area sariawan atau kumur dengan air dingin. Anda juga bisa mengonsumsi teh kamomil sebagai obat sariawan.

Baca Juga: Hati-hati! Dampak virus corona bisa lebih parah karena penyakit gusi

Cara Mencegah Sariawan

Cara mencegah sariawan perlu Anda lakukan agar tetap sehat. Anda bisa membiasakan diri untuk menjaga kebersihan mulut, menggosok gigi dengan lembut, mengonsumsi makanan sehat, dan cukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Sebaiknya, cukupi kebutuhan vitamin C, vitamin B, dan zinc agar terhindar dari sariawan. Selain itu, menghindari makanan dan minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin dan mengurangi stres juga penting untuk dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×