kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menakjubkan! Berikut manfaat serai untuk kesehatan tubuh


Jumat, 03 Juli 2020 / 14:05 WIB
Menakjubkan! Berikut manfaat serai untuk kesehatan tubuh
ILUSTRASI. Teh Serai atau sereh menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Serai tidak hanya bermanfaat sebagai penyedap masakan. Ternyata, serai juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Umumnya orang lebih mengenal serai sebagai tumbuhan biasa yang akar dan batangnya sering dipakai sebagai rempah penyedap masakan. 

Padahal, minyak asiri dalam serai banyak dipakai dalam industri kosmetik untuk pembuatan parfum dan sabun. 

Baca Juga: Infused water timun ampuh menurunkan tekanan darah tinggi

Sekedar info, serai (Cymbopogon ciatrus) adalah genus yang berisi sekitar 55 spesies rumput. Serai bisa tumbuh subur di cuaca hangat dan mencapai ketinggian sekitar dua sampai empat meter. 

Bagian dari serai yang bisa dipakai untuk herbal meliputi akar, batang, dan daunnya. Apa saja khasiat serai yang belum banyak diketahui? 

Mencegah kanker 

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setiap 100 gram serai mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker. Pada tahun 2006, sebuah tim peneliti dari University Gurion di Israel menemukan senyawa dalam tubuh serai yang bisa mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat. 

Obat gangguan pencernaan 

Teh yang mengandung serai membantu mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, kram usus dan diare. Serai juga membantu mengurangi gas dari usus sekaligus mencegah pembentukan gas lebih lanjut.

Detoksifikasi 

Serai juga memiliki sifat detoksifikasi tubuh dengan meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil. Hal ini bisa membuat organ pencernaan, hati, pankreas, ginjal, dan kandung kemih bersih dan sehat karena zat beracun dan asam urat sudah disingkirkan. 

Manfaat pada sistem saraf 

Minyak esensial yang dibuat menggunakan serai dapat digunakan untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Karenanya minyak serai yang dioleskan ke permukaan tubuh memberikan efek menghangatkan, melemaskan otot dan meredakan kejang. 

Menurunkan tekanan darah 

Serai efektif dalam ngurangi tekanan darah, merangsang sirkulasi darah dan menghilangkan masalah tekanan darah. Konsumsi segelas jus serai untuk menurunkan hipertensi.

Sebagai analgesik 

Serai meringankan semua jenis peradangan dan iritabilitas yang berhubungan dengan sakit dan nyeri. Jadi jika Anda memiliki sakit gigi, nyeri otot, nyeri sendi, atau nyeri, teh lemon pasti bisa membantu.   

Kulit indah 

Serai merupakan pilar dalam industri kosmetik. Manfaatnya antara lain mengurangi jerawat dan berfungsi sebagai penyegar. Minyak serai juga bisa dibalurkan ke seluruh tubuh untuk memberi efek menghangatkan. 

Kesehatan wanita 

Konsumsi teh yang diberi serai mungkin akan membantu mengurangi nyeri haid dan rasa mual. (M05-11)

Baca Juga: Begini cara menghindari terkena penyakit diabetes di usia muda


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Serai, Herbal yang Menghangatkan", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×