kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masuki usia 40-an, perbanyak makanan ini untuk anti penuaan


Jumat, 26 April 2019 / 11:00 WIB
Masuki usia 40-an, perbanyak makanan ini untuk anti penuaan


Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Untuk mendapatkan kulit bercahaya memang dimulai dari pola makan kita. Ketika kita mengatur makanan kita dengan makanan yang mengandung antioksidan, lemak sehat, dan nutrisi penting, tubuh kita akan menunjukkan apresiasi melalui kulit kita.

Semakin bertambahnya usia, kulit perlahan mulai muncul garis-garis halus, kemudian bila tidak dirawat akan menjadi keriput.

Untuk itu, kita perlu mencegahnya dengan mengonsumsi makanan yang tepat agar penuaan pada kulit dapat kita cegah meski usia kita telah memasuki usia 40-an tahun.

Para peneliti menyimpulkan bahwa makan buah dan sayuran adalah cara paling aman dan sehat untuk memerangi kulit kusam dan garis-garis halus pada kulit.

Dikutip dari Healthline, berikut ini adalah makanan anti penuaan terbaik yang membuat kulit kita tetap bercahaya dari dalam:

1. Pepaya

Pepaya kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan meminimalkan munculnya garis-garis halus dan keriput.

Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin A, C, K, dan E, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan vitamin B.

Beragam antioksidan dalam pepaya membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan dapat menunda tanda-tanda penuaan.

Pepaya juga mengandung enzim yang disebut papain, yang memberikan manfaat anti-penuaan tambahan dengan bekerja sebagai salah satu agen anti-inflamasi alami terbaik.

Makan pepaya atau menggunakan produk yang mengandung papain dapat membantu tubuh melepaskan sel-sel kulit mati, sehingga kulit jadi bersinar.

2. Brokoli

Brokoli adalah anti-inflamasi, anti-penuaan yang dikemas dengan vitamin C dan K, berbagai antioksidan, serat, folat, lutein, dan kalsium.

Tubuh membutuhkan vitamin C untuk produksi kolagen, protein utama dalam kulit yang memberikan kekuatan dan elastisitas kulit.

Sebagai permulaan, Anda bisa memakan brokoli mentah atau brokoli kukus sebagai camilan Anda.

3. Bayam

Bayam dapat menghidrasi tubuh dan dikemas dengan antioksidan yang membantu mengoksidasi dan mengisi seluruh tubuh dengan vitamin, A, C, E, dan K, magnesium, besi heme nabati, dan lutein.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada bayam meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kulit tetap kencang dan halus.

Vitamin A yang diberikan dapat membantu rambut kuat dan berkilau, sementara vitamin K telah terbukti membantu mengurangi peradangan dalam sel.

Bayam bisa mulai dikonsumsi dengan menambahkannya ke dalam smoothie, salad, atau tumis.

4. Kacang

Banyak kacang, terutama almond, merupakan sumber vitamin E yang dapat membantu memperbaiki jaringan kulit, mempertahankan kelembaban kulit, dan melindungi kulit dari sinar UV yang merusak.

Walnut bahkan mengandung asam lemak omega-3, anti-inflamasi yang dapat membantu memperkuat selaput sel kulit, melindungi terhadap kerusakan akibat sinar matahari, dan membuat kulit bercahaya secara alami.

5 Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak yang dapat membuat kulit halus dan lentur.

Alpukat juga mengandung berbagai nutrisi yang dapat mencegah efek negatif penuaan, termasuk vitamin K, C, dan A, vitamin B, dan kalium.

Kandungan tinggi vitamin A dapat membantu tubuh melepaskan sel-sel kulit mati, sehingga kulit jadi indah dan bersinar.

Kandungan karotenoid pada aloukat juga dapat membantu menghalau racun dan kerusakan dari sinar matahari dan melindungi kulit terhadap kanker kulit. (Willem Jonata)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Makanan Anti Penuaan Bagi Anda Usia 40-an Tahun,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×