kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,30   1,66   0.18%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masker jeruk nipis terbaik untuk kulit mudah berjerawat


Sabtu, 07 November 2020 / 18:30 WIB
Masker jeruk nipis terbaik untuk kulit mudah berjerawat


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jerawat adalah salah satu jenis masalah kulit yang dialami oleh banyak orang, apalagi bagi remaja. Perubahan hormon membuat produksi minyak menjadi berlebih dan tak terkontrol. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal itu, salah satunya adalah dengan masker jeruk nipis.

Sebenarnya, minyak diproduksi untuk menjaga kelembaban kulit. Namun, saat jumlahnya berlebihan, minyak justru menyumbat pori-pori wajah. Saat terkontaminasi dengan bakteri dan jenis kotoran lainnya, kemunculan jerawat tak bisa terhindarkan.

Selain perubahan hormon saat masa puber, ada faktor lain yang menstimulasi produksi minyak berlebih. Mulai dari stres, terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, penggunaan make up, dan kebersihan yang tak terjaga.

Cara Membuat Masker Jeruk Nipis

Masker jeruk nipis adalah salah satu cara untuk mengobati jerawat yang sering muncul. By Valenti (byvalenti.com) mengatakan, fungsi jeruk nipis akan semakin maksimal jika dikombinasikan dengan bahan alami lainnya. Mulai dari madu, gula pasir, dan garam laut.

Baca Juga: 3 Manfaat masker green tea terbaik plus cara membuatnya

Jeruk nipis memiliki kandungan zat asam yang lebih tinggi dari lemon. Artinya, bahan alami ini mampu berperan sebagai disinfektan dan pencerah alami kulit sehingga noda hitam bekas jerawat pun bisa hilang dengan lebih mudah.

Fungsi tersebut bisa dimaksimalkan dengan madu yang mengandung antiseptik dan antibakteri. Selain itu, madu juga bermanfaat untuk melembabkan kulit. Kemampuan masker jeruk nipis untuk mengobati jerawat semakin baik karena adanya garam laut dan gula pasir.

Pertama, campurkan 2 sdm madu, ½ sdt garam laut, ½ sdt gula pasir, 1/8 sdt parutan kulit jeruk nipis, dan ¼ air jeruk nipis. Setelah teraduk rata, aplikasikan masker jeruk nipis pada wajah yang sudah dibersihkan.

Baca Juga: Cara membuat masker oatmeal yang mudah dilakukan

Anda bisa memijatkan campuran masker dengan gerakan memutar selama tiga sampai lima menit lalu diamkan masker selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu, basahi jari tangan dengan air hangat dan bersihkan sisa masker yang menempel dengan gerakan memutar lagi.

Selanjutnya, bilas menggunakan air hingga bersih. Untuk kulit yang mudah berjerawat By Valenti merekomendasikan untuk memakainya sebanyak dua hingga tiga kali seminggu. Sedangkan untuk pemilik tipe kulit normal dan kering, gunakan masker sebanyak satu hingga dua kali seminggu.

Selanjutnya: 3 ​Manfaat madu untuk wajah, bisa cerahkan kulit dan obati jerawat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×