kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat minum kopi & efeknya bagi kesehatan, bikin panjang umur, kolesterol naik


Senin, 21 September 2020 / 07:47 WIB
Manfaat minum kopi & efeknya bagi kesehatan, bikin panjang umur, kolesterol naik
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (keempat kiri) bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja duduk bersantai sambil menikmati kopi di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10). Manfaat minum ko


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Manfaat minum kopi berguna bagi kesehatan. Namun ada juga efek negatif minum kopi bagi tubuh. Oleh karena itu minum kopi harus diatur dengan benar.

Manfaat minum kopi dipengaruhi antioksidan dan beberapa nutrisi alaminya. Melansir Healthline, kopi mengandung vitamin B2, B5, B1, B3, folat, mangan, kalium, magnesium, dan fosfor dalam jumlah kecil. Dengan beragam kandungan gizinya, berikut efek minum kopi setiap hari pada kesehatan berdasarkan sejumlah studi observasional:

1. Menurunkan risiko kanker dan sejumlah penyakit kronis

Manfaat minum kopi yang sayang dilewatkan adalah potensinya sebagai bahan alami untuk mencegah kanker dan sejumlah penyakit kronis. Dilansir dari The Healthy, minum tiga sampai lima gelas kopi setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit kanker, diabetes tipe 2, penyakit parkinson, demensia, sampai penyakit hati.

Dengan sederet manfaatnya tersebut, sejumlah ahli menyebut minum kopi sebagai resep panjang umur alami. Hal yang perlu diingat, jenis minuman kopi paling menyehatkan adalah kopi hitam tanpa krim, susu, dan gula.

Baca juga: Inilah jenis-jenis makanan peninggi badan

2. Memperbaiki suasana hati

Selain mencegah berbagai penyakit kronis dan berbahaya, manfaat minum kopi lainnya adalah bisa menjaga kesehatan mental. Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, memperbaiki daya ingat, dan meningkatkan suasana hati.

Sebuah studi dari Harvard's School of Public Health pada 2013 menyebut, efek kafein yang dapat meningkatkan suasana hati terbukti bisa menurunkan risiko depresi dan bunuh diri.

3. Meningkatkan performa olahraga

Manfaat minum kopi setiap hari yang sayang dilewatkan salah satunya adalah performa olahraga jadi lebih baik. Kafein alami dalam kopi dapat meningkatkan kinerja fisik, terutama untuk olahraga jenis aerobik atau ketahanan.

Jumlah kafein yang direkomendasikan untuk meningkatkan performa olahraga adalah 2-6 miligram kafein per kilogram berat badan. Sebagai ilustrasi, orang dengan berat badan 68 kilogram membutuhkan kafein satu cangkir agar kinerja olahraganya optimal.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×