kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui


Senin, 10 Agustus 2020 / 17:43 WIB
Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui
ILUSTRASI. Warga menunjukkan kualitas bawang putih yang dijual saat operasi pasar bawang putih di Pasar Kosambi, Bandung, Jawa Barat (10/5/2019). Kementerian Perdagangan menyediakan 8 ton bawang putih pada operasi pasar tersebut yang dijual dengan harga Rp25 ribu pe


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bawang putih menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh Anda.  

Bagi sebagian besar orang, bawang putih merupakan bumbu dapur untuk ditambahkan ke dalam masakan. Selain meningkatkan aroma, bawang putih bisa menambahkan cita rasa yang khas pada masakan. 

Namun, manfaat bawang putih rupanya tidak hanya untuk peningkat aroma dan cita rasa, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. 

Baca Juga: Kumis kucing, obat herbal yang ampuh meredakan asam urat, begini cara konsumsinya

Sekedar info, bawang putih sudah digunakan sejak lama sebagai obat dan memiliki dampak yang positif bagi kesehatan. Berikut manfaat bawang putih bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui. 

1. Menangkal pilek 

Ingin mencegah hidung tersumbat akibat pilek? Anda bisa memasukkan bawang putih ke dalam masakan untuk menangkal pilek. 

Salah satu manfaat bawang putih adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Sebuah riset menemukan bahwa kandungan allicin dalam bawang putih mampu mengurangi peluang terkena pilek dan membuat orang yang terjangkit pilek lebih cepat sembuh. 

2. Meningkatkan performa olahraga 

Bawang putih juga mampu meningkatkan performa olahraga. Meskipun demikian, penelitian mengenai efek bawang putih terhadap performa fisik masih lebih banyak dilakukan pada tikus. 

Studi menunjukkan bahwa orang yang menderita penyakit jantung mengalami performa olahraga yang lebih baik setelah diberikan minyak bawang putih sebanyak dua kali sehari selama enam minggu. 

Namun, penelitian-penelitian mengenai bawang putih dan performa olahraga masih berkontradiksi dan memerlukan riset lebih lanjut. 

3. Antibiotik alami 

Kandungan diallyl sulfide dalam bawang putih bermanfaat untuk melawan bakteri Campylobacter penyebab gangguan pencernaan dan bahkan 100 kali lipat lebih efektif daripada antibiotik umum yang sering digunakan. 

Manfaat bawang putih yang bisa melawan bakteri tertentu membuatnya berpotensi untuk menjadi alternatif ‘antibiotik alami’. 

4. Mengurangi risiko kanker paru 

Orang yang mengonsumsi bawang putih mentah setidaknya dua kali seminggu memiliki risiko terkena kanker paru yang lebih rendah sebesar 44%. 
Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan manfaat bawang putih dalam mencegah kanker paru. 

5. Meredakan keracunan logam berat 

Selain kandungan dially sulfide, kandungan sulfur dalam bawang putih diyakini mampu melindungi organ tubuh dari kerusakan akibat keracunan logam berat, seperti timah. 

Bawang putih ditemukan bisa mengurangi kadar timah dalam darah sebesar 19% pada karyawan yang bekerja di pabrik yang memproduksi baterai untuk mobil. 

Tidak hanya kadar timah, bawang putih juga bisa meringankan gejala keracunan, seperti sakit kepala dan sebagainya. Bahkan, pemberian bawang putih sebanyak tiga kali sehari lebih ampuh dalam meringankan gejala keracunan daripada obat D-penicillamine. 

6. Mengurangi kadar kolesterol 

Manfaat bawang putih yang lainnya adalah mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL. Pemberian suplemen bawang putih ditemukan mampu mengurangi kadar kolesterol LDL sebanyak 10%-15% 

7. Menurunkan tekanan darah 

Bagi penderita hipertensi, manfaat bawang putih dalam menurunkan tekanan darah sudah cukup umum diketahui. 

Suatu penelitian menemukan bahwa pemberian 600-1.500 miligram ekstrak bawang putih memberikan efek yang setara dalam menurunkan tekanan darah seperti obat Atenolol selama dalam jangka waktu 24 minggu. 

Bila doyan bawang putih mentah, maka Anda bisa mengonsumsi bawang putih mentah sebanyak empat siung per harinya untuk menurunkan tekanan darah. 

8. Mampu melindungi jantung 

Kandungan diallyl trisulfide dalam minyak bawang putih bisa membantu melindungi jantung setelah serangan jantung dan seusai bedah jantung, serta bisa digunakan sebagai penanganan untuk gagal jantung. 

Penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa terdapat penurunan kerusakan jantung sebanyak 61% setelah zat diallyl sulfide diberikan pada tikus yang terkena serangan jantung.

9. Meningkatkan kesehatan tulang pada wanita 

Pada tikus betina, pengeroposan tulang dapat ditanggulangi dengan pemberian bawang putih untuk meningkatkan kadar estrogen. Oleh karenanya, bawang putih berpotensi tidak hanya meningkatkan kadar estrogen tetapi juga dapat mencegah pengeroposan tulang pada wanita. 

Akan tetapi, masih diperlukan riset lebih lanjut mengenai manfaat bawang putih terhadap tulang. 

10. Mencegah demensia dan Alzheimer 

Bawang putih mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas serta menurunkan risiko terkena demensia dan Alzheimer. 

Manfaat bawang putih dalam mencegah demensia dan Alzheimer dikarenakan kemampuannya dalam mencegah penurunan kognitif dengan melindungi sel saraf. 
Namun, serupa dengan manfaat bawang putih terhadap kesehatan tulang, riset mengenai manfaat bawang putih untuk mencegah demensia dan Alzheimer masih perlu studi lebih lanjut. 

11. Mengurangi risiko terkena osteoartritis pinggul 

Riset menunjukkan bahwa wanita yang sering mengonsumsi sayuran jenis allium, seperti bawang putih, memiliki risiko terkena osteoartritis pinggul yang lebih rendah. Riset lebih lanjut masih diperlukan untuk menjadikan bawang putih sebagai pengobatan alternatif untuk osteoartritis pinggul. 

12. Menurunkan risiko terjangkit kanker prostat 

Bawang putih juga disebut dapat mengurangi peluang terkena kanker prostat. Namun, penelitian tambahan masih dibutuhkan untuk melihat manfaat bawang putih terhadap penurunan risiko kanker prostat. 

Manfaat bawang putih untuk kesehatan bisa didapatkan melalui bawang putih mentah maupun yang sudah dimasak. Kamu bisa mencampur bawang putih ke dalam berbagai masakan yang dikonsumsi, selamat mencoba!(Wisnubrata) 

Baca Juga: Ini manfaat sirsak untuk kesehatan tubuh yang wajib Anda ketahui

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "12 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×