kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konsumsi kafein bisa menurunkan berat badan?


Senin, 20 April 2020 / 14:23 WIB
Konsumsi kafein bisa menurunkan berat badan?
ILUSTRASI. Ilustrasi sehat


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - Konsumsi kafein dengan takaran yang tepat memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. 

Kabar baiknya, ternyata ada khasiat "tersembunyi" kafein yang berguna di masa pembatasan sosial seperti sekarang. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods mengungkap, kafein berpotensi memperlambat kenaikan berat badan. 

Pada penelitian ini, sekelompok tikus laboratorium menerapkan diet padat lemak selama sebulan, dan beberapa dari mereka mendapat setara empat cangkir kafein per hari yang diekstrak dari teh mate --minuman asal Amerika Selatan.

Baca Juga: Peminum kopi punya tulang yang lebih kuat, benarkah?

Hasilnya, tikus yang mengonsumsi kafein mengalami 16 persen penurunan kenaikan berat badan danmemiliki 22 persen lebih sedikit lemak tubuh dibandingkan tikus yang tidak memperoleh asupan kafein. 

"Mempertimbangkan temuan ini, teh mate dan kafein dapat dianggap sebagai agen anti-obesitas," kata Elvira Gonzalez de Mejia, penulis studi dan direktur divisi ilmu gizi di University of Illinois. 

"Hasil penelitian ini dapat diterapkan ke manusia untuk memahami peran kafein sebagai strategi mencegah kelebihan berat badan dan obesitas, serta gangguan metabolisme terkait kondisi ini," tambahnya.  

Kafein bisa membantu mengimbangi beberapa risiko kesehatan dan membatasi kenaikan berat badan dengan membatasi berapa banyak lemak yang disimpan dalam sel-sel lemak. 

Namun, ada baiknya kita tidak mengonsumsi kopi terlalu banyak dalam satu hari --apalagi menambahkan gula dan susu ke dalamnya-- atau meminum kopi setelah jam tiga sore, karena itu akan membuat jadwal tidur kita terganggu. (Gading Perkasa) 

Baca Juga: Ini manfaat bayam untuk kesehatan tubuh

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kafein Berpotensi Memperlambat Kenaikan Berat Badan, Benarkah?", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×