kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kaya antioksidan, inilah 4 manfaat daun kemangi


Kamis, 21 Januari 2021 / 10:04 WIB
Kaya antioksidan, inilah 4 manfaat daun kemangi
ILUSTRASI. Anda bisa mendapat manfaat daun kemangi jika mengonsumsinya secara rutin.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain cocok digunakan dalam berbagai macam hidangan, daun kemangi juga memiliki efek menyehatkan untuk tubuh, lo. Manfaat daun kemangi tersebut berasal dari berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Ada banyak jenis penyakit yang bisa diatasi dengan bahan alami tersebut. Mulai dari sakit kepala, kecemasan, demam, mual, tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya. Anda bisa mengonsumsi daun kemangi dengan mengolahnya dulu menjadi teh.

Daun kemangi dapat pula digunakan secara langsung untuk menyembuhkan luka di kulit Anda. Tak berhenti sampai di situ, masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi daun kemangi secara rutin.

Mengandung Antimikroba

Daun kemangi memiliki banyak minyak esensial dengan aroma khas yang berguna untuk melawan infeksi bakteri dan jamur. Mengutip dari Precision Nutrition (precisionnutrition.com), daun kemangi mampu meruntuhkan dinding sel dan membunuh sel penyebab penyakit.

Beberapa jenis bakteri yang pertumbuhannya bisa dicegah oleh daun kemangi adalah bakteri Streptococcus faecalis, spesies Salmonella, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari keracunan makanan, pneumonia, dan infeksi saluran kemih.

Baca Juga: 9 Manfaat daun kemangi sebagai obat herbal untuk batuk sampai ejakulasi dini

Memiliki Antiinflamasi

Selain mengandung antimikroba, daun kemangi juga mengandung antiinflamasi yang bermanfaat untuk meredakan peradangan. Sebenarnya, peradangan merupakan hal yang normal. Kondisi itu menjadi tanda bahwa tubuh sedang melawan serangan penyakit.

Meski demikian, jika kondisi peradangan sudah akut, tubuh Anda tetap membutuhkan antiinflamasi. Apalagi jika peradangan itu justru diakibatkan oleh gangguan pada sistem imun tubuh Anda. Namun, masih diperlukan penelitian yang lebih banyak untuk benar-benar membuktikan manfaat daun kemangi itu.

Mengatasi Diabetes

Salah satu manfaat daun kemangi adalah mengatasi diabetes.

Precision Nutrition mengatakan bahwa kandungan dalam daun kemangi mampu menurunkan jumlah gula darah dan kolesterol dalam tubuh. Artinya, bahan alami ini cocok dikonsumsi oleh Anda yang menderita diabetes.

Baca Juga: 3 Resep infused water yang efektif mengobati asam urat Anda

Kaya Antioksidan

Manfaat daun kemangi juga berasal dari banyaknya antioksidan yang terkandung di dalamnya. Kandungan tersebut berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Antioksidan bertugas untuk melindungi sel dari paparan radikal bebas.

Jumlah radikal bebas yang sangat banyak dapat membahayakan kondisi sel dan DNA. DNA yang benar-benar rusak dapat bermutasi dan mengganggu kesehatan Anda karena bisa tumbuh menjadi sel kanker. Untuk mencegah hal itu, cobalah untuk mengonsumsi daun kemangi dan sumber antioksidan yang lain.

Selanjutnya: Ini manfaat daun kemangi sebagai obat herbal yang tidak banyak diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×