kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jenis makanan untuk darah rendah yang patut dicoba


Rabu, 11 November 2020 / 08:41 WIB
Jenis makanan untuk darah rendah yang patut dicoba
ILUSTRASI. Telur adalah salah satu makanan untuk darah rendah karena mengandung banyak vitamin B12.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Darah rendah merupakan kondisi di mana tekanan darah yang mengalir dalam tubuh di bawah batas normal. Untuk menghindari kondisi kesehatan yang memburuk, Anda perlu mengonsumsi makanan untuk darah rendah.

Jika darah rendah tak diatasi dengan baik, ada banyak gejala yang muncul. Mulai dari pusing, mual, pingsan, dehidrasi, kelelahan, pandangan mata mengabur, hingga kesulitan untuk berkonsentrasi. Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan bahwa darah rendah disebabkan oleh banyak hal.

Beberapa penyebab darah rendah adalah usia yang semakin bertambah, jenis pengobatan tertentu, hamil, gangguan pada jantung, reaksi alergi yang parah, hingga kekurangan nutrisi. Cobalah untuk mengonsumsi jenis makanan berikut agar kondisi kesehatan tetap terjaga.

Makanan Asin

Makanan yang mengandung garam atau natrium klorida berpengaruh pada hormon yang mengatur keseimbangan air tubuh. Hal itu berguna untuk menambah tekanan darah. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah asupan garam harian.

Baca Juga: Berikut jus buah dan sayur yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi

Misalnya, menambah garam pada makanan yang dimasak, mengonsumsi jenis makanan asin, seperti ikan teri, dan mengonsumsi makanan ringan yang asin. Minum larutan garam secara rutin juga bisa Anda coba.

Makanan yang Mengandung Vitamin B12

Makanan untuk darah rendah lainnya yang bisa Anda coba adalah yang mengandung banyak vitamin B12. Saat tubuh kekurangan vitamin B12, jumlah darah dalam tubuh akan berkurang.

Hal itu juga berpengaruh pada tekanan darah Anda. Ada banyak jenis makanan yang kaya akan vitamin B12. Mulai dari daging, telur, ikan, keju, atau produk olahan susu lainnya.

Makanan yang Kaya Folat

Buah bit adalah salah satu makanan untuk darah rendah karena mengandung banyak folat.

Selain vitamin B12, tubuh juga dapat kekurangan darah karena tak memiliki folat yang cukup. Anda bisa memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah Anda kekurangan vitamin B12 atau kekurangan folat.

Beberapa jenis makanan kaya folat yang bisa Anda konsumsi adalah brokoli, buah bit, dan jenis sayur atau buah lain. Anda juga bisa mengonsumsi hati hewan jika mau.

Baca Juga: Anda menderita darah tinggi? Ini jus buah dan sayur yang bisa menurunkan darah tinggi

Banyak Minum

Selain makanan untuk darah rendah yang telah disebutkan, tekanan darah juga bisa ditingkatkan dengan banyak minum air. Medical News Today mengatakan bahwa dehidrasi bisa membuat tekanan darah Anda semakin rendah.

Selain minum air putih, tekanan darah juga bisa meningkat jika Anda minum kafein. Beberapa jenis sumber kafein adalah kopi, teh, cokelat, atau soda. Namun, penelitian tentang hal tersebut masih belum banyak dilakukan.

Selanjutnya: 3 Jus penurun darah tinggi ini wajib Anda coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×