kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan abaikan 4 ciri-ciri asam lambung rendah ini


Selasa, 06 April 2021 / 14:55 WIB
Jangan abaikan 4 ciri-ciri asam lambung rendah ini
ILUSTRASI. Bau mulut tak sedap jadi salah satu ciri-ciri asam lambung rendah yang perlu Anda waspadai. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Asam lambung rendah memang bisa dialami oleh semua orang. Supaya Anda bisa mendapat perawatan yang tepat, ada baiknya memerhatikan ciri-ciri asam lambung rendah yang bisa Anda alami.

Sebab, asam lambung rendah lebih banyak terjadi seiring bertambahnya usia.

Zat asam dibutuhkan tubuh untuk melakukan berbagai macam hal. Mulai dari menetralkan enzim yang berasal dari mulut, membunuh bakteri, hingga mencerna makanan supaya nutrisi dalam makanan itu dapat terserap secara maksimal.

Ada banyak faktor penyebab asam lambung rendah yang mengakibatkan fungsi-fungsi tersebut tak dapat bekerja optimal. Mulai dari penggunaan obat tertentu, usia, hingga sensitif terhadap makanan.

Jika Anda mengalami gejala asam lambung berikut, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Bau mulut tak sedap

Mengutip dari The Acid Reflux Solution, makanan yang tak tercerna dengan baik akibat asam lambung yang terlalu sedikit dapat menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Penyebabnya, sisa makanan mengendap dan memproduksi zat racun.

Baca Juga: 5 Manfaat daun alpukat untuk kesehatan: meredakan nyeri lambung sampai asam urat

Selalu lapar

Ciri-ciri asam lambung selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah Anda selalu merasa lapar meski Anda baru selesai makan. Tubuh kesulitan menyerap nutrisi yang dibutuhkan karena asam lambung tidak dapat melakukan fungsinya dengan benar.

Mual

Mual jadi ciri-ciri asam lambung yang tidak boleh Anda abaikan. Umumnya, kondisi itu terjadi setelah Anda mengonsumsi sekitar 4 ons daging.

Selain mual, tentu saja masih ada banyak gejala lain yang Anda rasakan karena asam lambung yang terlalu sedikit. Mulai dari rambut rontok, kehilangan energi, sakit kepala, hingga jadwal buang air besar yang tidak teratur.

Jika Anda mengalami hal-hal tersebut, segera periksakan diri ke dokter. Apalagi jika gejala tersebut Anda alami dalam jangka waktu lama.

Baca Juga: Catat! 4 pertolongan pertama saat asam lambung naik

Perut kembung

Perut kembung termasuk salah satu ciri-ciri asam lambung rendah.

Makanan yang terlalu lama mengendap dalam sistem pencernaan dan tidak segera tercerna mengakibatkan produksi gas meningkat. The Acid Reflux Solution menyebutkan, hal itulah yang mengakibatkan perut Anda terasa kembung setelah Anda mengonsumsi makanan.

Ciri-ciri asam lambung mengakibatkan Anda sering bersendawa dan merasakan heartburn. Heartburn adalah istilah yang menggambarkan sensasi terbakar dari perut ke saluran pencernaan atas karena katup bawah kerongkongan tak dapat mengatasi desakan gas.

Selanjutnya: 7 minuman yang bermanfaat meredakan asam lambung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×