kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah 6 manfaat sereh, bisa tingkatkan sistem imun, lo


Sabtu, 21 November 2020 / 14:30 WIB
Inilah 6 manfaat sereh, bisa tingkatkan sistem imun, lo


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Tak hanya memiliki aroma yang khas, sereh merupakan salah satu bahan alami yang mengandung segudang manfaat. Manfaat sereh berasal dari kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral.

Berikut manfaat sereh yang bisa dirasakan tubuh Anda:

Kaya antioksidan

Beberapa jenis penyakit disebabkan oleh keberadaan radikal bebas dalam tubuh kita. Hal itu bisa diatasi dengan mengonsumsi sumber makanan yang mengandung antioksidan, salah satunya adalah sereh.

Mengutip dari Healthline.com, sereh mengandung antioksidan dalam beberapa jenis.

Beberapa antioksidan yang dimaksud adalah asam klorogenik, swertiajaponin, dan isoorientin. Antioksidan tersebut berguna untuk mencegah munculnya berbagai macam penyakit, termasuk disfungsi sel dalam arteri koroner.

Baca Juga: Manfaat rebusan jahe, serei dan gula merah, dari cegah kanker, mual, diabetes dll

Mengandung antiinflamasi

Manfaat sereh selanjutnya berasal dari kandungan antiinflamasi di dalamnya. Kandungan dalam sereh yang memiliki tugas itu adalah geranial dan citral.

Dengan kandungan antiinflamasi, sereh cocok dikonsumsi oleh penderita stroke atau penyakit jantung. Tak hanya meredakan peradangan, citral dalam sereh juga berguna untuk melawan pertumbuhan sel kanker.

Melansir dari Healthline.com, citral bisa membunuh sel kanker secara langsung atau menguatkan sistem imun tubuh. Sehingga, sistem imun tubuh akan membunuh sel kanker.

Menjaga sistem pencernaan

Sereh bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda, apalagi jika Anda sering mengalami kondisi asam lambung naik. Selain itu, essential oil sereh juga mampu menjaga dinding perut dari efek samping aspirin dan ethanol.

Baca Juga: 5 Manfaat sirih merah untuk mengatasi masalah kesehatan Anda

Berperan sebagai diuretik

Salah satu manfaat sereh adalah berfungsi sebagai diuretik.

Manfaat sereh lainnya adalah bahan alami bisa dimanfaatkan sebagai diuretik. Diuretik membuat Anda buang air kecil lebih sering sehingga cairan dan sodium berlebih dalam tubuh bisa dikeluarkan.

Maka dari itu, sereh cocok dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung, hati, dan edema. Hasil penelitian yang dilakukan pada 2001 membuktikan hal tersebut.

Tikus percobaan yang diberi sereh selama enam minggu buang air kencing lebih sering. Efek diuretik itu sama dengan mengonsumsi teh hijau dan tidak menimbulkan efek samping apa pun.

Baca Juga: Manfaat jahe yang tidak cuma penghangat badan tapi juga penangkal virus corona




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×