kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini tips meminimalisir risiko penularan Covid-19 selama di pesawat


Kamis, 26 November 2020 / 09:25 WIB
Ini tips meminimalisir risiko penularan Covid-19 selama di pesawat


Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah orang masih cemas bepergian selama masa pandemi. Terlebih, jika menggunakan pesawat terbang. Meski begitu, ada sejumlah tips bisa dilakukan guna meminimalisir risiko penularan Covid-19 jika terpaksa harus menggunakan pesawat, seperti yang dilakukan oleh Sekretaris Perusahaan PT Bima Sakti Pertiwi Tbk (PAMG), Riza Budi.

Selain selalu membawa perlengkapan seperti masker dan hand sanitizer, dia melakukan tes Covid-19 sebelum melakukan perjalanan udara. Hasil tes wajib dilaporkan kepada satgas Covid-19 dan petugas di bandara untuk proses verifikasi.

Proses check in sebaiknya dilakukan secara online sebelum sampai di bandara. "Sehingga, setelah verifikasi hasil tes Covid-19 bisa langsung ke ruang tunggu. Hal ini bisa mengurangi kontak dengan calon penumpang lain," terang Riza kepada Kontan.co.id, Rabu (25/11).

Selama di dalam pesawat, dia juga mengurangi kontak dengan penumpang di sebelah. Hal serupa juga Riza lakukan dengan awak kabin.

Baca Juga: Kasus corona meningkat lagi, simak cara merawat pasien Covid-19 di rumah

Masker dan face shield tak lupa dia kenakan selama penerbangan. Sebisa mungkin, dia juga menghindari penggunaan toilet. "Kecuali jika sudah benar-benar terpaksa," imbuh Riza.

"Kebetulan selama saya melakukan perjalanan udara, maskapai yang saya tumpangi tetap menerapkan jaga jarak. Jadi, satu baris kursi yang biasanya diisi tiga penumpang, sekarang jadi dua penumpang," tutur Riza.

Sesampainya di tempat tujuan, Riza berupaya menjaga jarak dengan penumpang lain, terutama ketika baru turun dari pesawat. Pasalnya, ini momen dimana para penumpang saling berdesakan untuk mengambil tas dan berebut pintu supaya bisa turun lebih dulu.

Baca Juga: Kemenaker: Sekitar 88% perusahaan terdampak pandemi Covid-19

Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyebutkan, update hingga Rabu (25/11) ada tambahan 5.534 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia, sehingga total menjadi 511.836 kasus positif corona.

Penambahan kasus harian ini tercatat menembus rekor tertinggi mengalahkan penambahan kasus harian Covid-19 pada tanggal 13 November sebanyak 5.444 dan 14 November sebanyak 5.272.

Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus corona bertambah 4.494 orang sehingga menjadi sebanyak 429.807 orang. Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat virus corona di Indonesia bertambah 114 orang menjadi sebanyak 16.225 orang.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Baca Juga: Inilah tips investasi saham di awal tahun 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×