kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini penyebab naiknya kadar kolesterol dalam tubuh


Kamis, 01 Oktober 2020 / 17:14 WIB
Ini penyebab naiknya kadar kolesterol dalam tubuh
ILUSTRASI. Ilustrasi. Minum kopi bisa memicu naiknya kadar kolesterol dalam tubuh.


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kadar kolesterol tinggi tidak hanya dipicu oleh makanan dan minuman. Berikut delapan hal yang menyebabkan naiknya kadar kolesterol dalam tubuh.   

Kolesterol adalah salah satu senyawa lemak lunak, berwarna kuning, seperti lilin yang diproduksi oleh tubuh, terutama organ hati. 

Baca Juga: Menderita kolesterol tinggi? Ini buah-buahan yang bisa menurunkan kadar kolesterol

Setiap harinya, hati dapat menghasilkan sekitar 800 miligram kolesterol. Selain dari hati, kolesterol juga dapat berasal dari makanan produk hewani yang dikonsumsi, seperti: 

  • Telur 
  • Otak 
  • Daging 
  • Ayam 
  • Makanan laut 
  • Susu 
  • Produk olahan susu 

Umumnya banyak orang manaruh stigma buruk terhadap kolesterol. Padahal pandangan tersebut kurang tepat. Kolesterol pada kadar yang normal justru berguna untuk kesehatan. 

Kolesterol merupakan salah satu bentuk lemak penting yang diperlukan tubuh. Sel-sel tubuh memerlukan kolesterol untuk tumbuh dan berkembang. Kolesterol baru menimbulkan masalah jika kadarnya dalam darah berlebihan. 

Faktor yang memengaruhi kadar kolesterol tinggi 

Kadar kolesterol tinggi tidak hanya disebabkan oleh mengonsumsi makanan yang salah. Ada beberapa hal lain yang juga bisa membuat kadar kolesterol naik. 

Berikut faktor-faktor yang memicu naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. 

1. Merokok 

Berdasarkan penelitian, merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol low density lipoprotein (LDL) atau orang kerap menyebutnya sebagai kolesterol jahat, kolesterol total, dan trigliserida (lemak darah). 

2. Konsumsi alkohol 

Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol total dan trigliserida. Oleh sebab itu, pecandu alkohol cenderung memiliki berat badan berlebih dan tekanan darah kerap naik. 

3. Berat badan 

Orang yang memiliki berat badan berlebihan mempunyai kadar kolesterol total, kolesterol jahat, dan trigliserida yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang berat badannya normal. 

Seseorang yang gemuk memiliki kelebihan lemak yang pada umumnya disimpan di jaringan bawah kulit dalam bentuk trigliserida. 

Namun perlu diingat, bahwa mempunyai berat badan normal juga belum tentu bebas dari kolesterol tinggi. 

4. Minum kopi 

Minum kopi secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. 

Hal itu akhirnya menjadikan darah lebih pekat sehingga menimbulkan penyempitan pembuluh darah yang berisiko menyebabkan serangan jantung dan stroke. 

Dengan demikian, siapa saja dianjurkan untuk tidak minum kopi lebih dari 6 cangkir per hari. 

5. Stres 

Stres yang berlangsung dalam jangka waktu lama akan merusak keseimbangan fungsi tubuh. Tekanan darah dan kolesterol darah orang stres cenderung lebih tinggi dibandingkan ketika stresnya sudah terkendali. 

6. Kurang olahraga 

Kurang olahraga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Begitu juga sebaliknya, olahraga yang dilakukan secara teratur diketahui dapat meningkatkan kolesterol high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. 
Selain itu, olahraga sangat bermanfaat untuk menekan kolesterol total dan kolesterol jahat, membakar trigliserida, serta menurunkan berat badan. 

7. Usia dan jenis kelamin 

Kadar kolesterol total cenderung meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Sementara, kadar kolesterol HDL wanita cenderung lebih tinggi dibanding pria. 
Alhasil, wanita yang telah memasuki masa menopause, kadar kolesterol LDL dan trigliserida mereka cenderung naik. 

8. Pemakaian pil kontrasepsi 

Pemakaian pil kontrasepsi dapat meningkatkan kadar kolesterol total, kolesterol jahat, dan trigliserida. Sedangkan efek lainnya, yakni dapat menurunkan kadar kolesterol baik. 

Cara mengecek kolesterol 

Satu-satunya cara untuk dapat menentukan kadar kolesterol tinggi atau tidak pada seseorang, yaitu dengan melakukan pemeriksaan kadar lemak darah. 
Melansir buku Ramuan Herbal Penurun Kolesterol (2008) karya Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma, seseorang yang telah menginjak usia 20 tahun dianjurkan untuk mulai melakukan pemeriksaan kadar lemak darah. 

Hal itu dikarenakan, proses arteriosklerosis sesungguhnya sudah mulai terjadi secara diam-diam sejak usia seseorang masih muda. 

Jika hasilnya normal, maka pemeriksaan selanjutnya bisa dilakukan setahun sekali. Namun, jika hasil pemeriksaan menunjukkan kadar kolesterol yang cukup tinggi, maka dianjurkan melakukan pemeriksaan rutin setiap tiga bulan sekali. 

Pemeriksaan tersebut diperlukan sebagai ajang evaluasi atas upaya pengendalian kadar kolesterol yang telah dilakukan.(Irawan Sapto Adhi) 

Baca Juga: Jus lidah buaya efektif mengobati penyakit diabetes melitus

Selanjutnya: Ini manfaat dan efek samping konsumsi serai untuk kesehatan yang harus Anda ketahui

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Faktor Penyebab Kolesterol Tinggi, Tak Hanya dari Makanan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×