kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,22   -22,51   -2.34%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini manfaat bayam untuk kesehatan tubuh


Kamis, 16 April 2020 / 15:59 WIB
Ini manfaat bayam untuk kesehatan tubuh


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - Bayam, salah satu sayuran yang mudah ditemui. Ternyata, Bayam bermanfaat untuk kesehatan tubuh bila dikonsumsi dengan benar.   

Bayam bisa dengan mudah dijumpai di Tanah Air karena memang gampang tumbuh di iklim panas dan semi gersang. Secara umum, sayuran bayam tersebut bisa dikenali memiliki dua jenis, yakni bayam liar dan bayam budi daya.

Bayam liar biasanya tidak untuk dikonsumsi. Bayam ini memiliki ciri-ciri, seperti: Batangnya berwarna merah Daunnya kaku Berduri. 

Baca Juga: Makan tomat secara rutin bisa memperpanjang usia lo

Sedangkan bayam budi daya, biasanya memiliki ciri lain, yakni: Batang berwarna hijau Daunnya tak terlalu kaku Tidak berduri Bayam budi daya bisa dibagi lagi menjadi dua jenis, yakni bayam cabut dan bayam petik. 

Seperti namanya, bayam cabut adalah bayam yang dipanen dengan cara dicabut seluruh bagian tanamannya, termasuk akar di tanah. Sementara, bayam petik merupakan bayam yang dipanen dengan cara dipetik hanya pada bagian daunnya.

Di sejumlah daerah, bayam petik ini dapat ditemui bukan hanya berwarna hijau segar, tetapi batangnya bisa juga kemerahan atau putih. Kandungan gizi bayam Melansir buku The Miracle of Vegetables (2013) karya Farah Rizki, S.Gz, bayam memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan. 

Selain serat, bayam juga mengandung banyak zat gizi lain yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut ini kandungan gizi lengkap bayam per 100 gram bahan merujuk Tabel Komposisi Pangan Indonesia tahun 2009: 

Kalori: 36 kcal (bayam hijau), 51 kcal (bayam merah) Protein: 3,5 gram (bayam hijau), 4,6 gram (bayam merah) 

Karbohidrat: 6,5 gram (bayam hijau), 1 (bayam merah) 

Kalsium: 265 mg (bayam hijau), 368 mg (bayam merah) 

Fosfor: 67 mg (bayam hijau), 11,1 mg (bayam merah) Besi: 3,9 mg (bayam hijau), 2,2 mg (bayam merah) 

Vitamin A: 6.090 S.I (bayam hijau), 5.800 S.I (bayam merah) 

Vitamin B: 0,08 mg (bayam hijau), 0,08 mg (bayam merah) 

Vitamin C: 80 mg (bayam hijau), 80 mg (bayam merah) 

Air: 86,9 gram(bayam hijau), 82 gram (bayam merah) 

Karena kandungan zat gizinya tersebut, bayam akhirnya diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Khasiat bayam bagi kesehatan Melansir laman Balai Penelitian Tanaman Sayur (Balitsa) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian (20/5/2014), ada banyak manfaat kesehatan yang bisa diraih dari mengonsumsi bayam. 

1. Menjaga kesehatan jantung 

Para peneliti dari China dan Australia pernah mengadakan penelitian yang berhasil menyimpulkan bahwa bayam mengandung folic acid yang mampu melindungi otot jantung dari meningkatnya kadar glukosa yang menyebabkan penyakit diabetes. 

Penelitian tersebut dilakukan pada tikus yang terkena diabetes dan menemukan bahwa unsur folic acid dalam bayam dapat mengurangi resiko serangan jantung pada tikus tersebut. 

Baca Juga: Minum kopi bermanfaat untuk kesehatan usus, benarkah?

Namun demikian, memang ada banyak ahli lain yang menyarankan penelitian tersebut perlu dilakukan lebih lanjut terutama terhadap manusia untuk mengurangi risiko kematian akibat penyakit diabetes. 

Selain folic acid, bayam juga sangat kaya akan antioksidan sehingga sangat baik untuk mencegah terkumpulnya plak kolesterol pada saluran arteri jantung. 
Seperti diketahui, jika bagian arteri ini sampai tersumbat, maka risiko seseorang untuk terkena serangan jantung jadi sangat tinggi. Selain itu, bayam juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah yang tentu baik bagi kesehatan jantung. 

2. Tulang lebih kuat 

Bayam diyakini juga sangat berkhasiat untuk mencegah terjadinya osteoporosis yang selama ini begitu ditakuti oleh banyak orang ketika mendekati lanjut usia (lansia). Hal itu dikarenakan bayam kaya akan vitamin K yang bisa membantu dalam penyerapan kalsium oleh tulang. 

3. Mencegah kanker 

Bayam terbukti mengandung juga flavonoid yang mampu mencegah adanya infeksi dalam tubuh, termasuk meminimalsir kejadian kanker. Beberapa jenis kanker yang mungkin bisa diantisipasi oleh kebiasaan konsumsi bayam, di antaranya: Kanker kolon Kanker paru-paru Kanker ovarium Kanker prostat 

4. Kesehatan pembuluh darah

Bayam juga kaya akan zat besi yang diperlukan tubuh untuk membangun sel darah merah yang memiliki fungsi membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. 

Seseorang yang kekurangan zat besi biasanya akan mengalami gejala: Badan terasa lemah Mudah kehilangan tenaga Mudah mengantuk Bisa menimbulkan anemia 

5. Baik untuk ibu hamil 

Bayam mengandung zat folat dan vitamin A yang sangat bermanfaat untuk wanita yang sedang hamil. Dengan banyak mengonsumsi bayam, proses pembentukan paru-paru pada janin yang diperankan oleh vitamin A dan pembentukan sistem saraf lengkap yang diperankan oleh folat akan berjalan dengan baik.

Baca Juga: Ini aturan ideal minum air putih yang baik untuk kesehatan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Manfaat Bayam bagi Kesehatan, Kuatkan Tulang hingga Jaga Jantung", 
Penulis : Irawan Sapto Adhi
Editor : Irawan Sapto Adhi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×