kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini makanan yang bisa meningkatkan imun tubuh


Rabu, 01 April 2020 / 17:39 WIB
Ini makanan yang bisa meningkatkan imun tubuh
ILUSTRASI. Paprika (Capsicum annuum L.) adalah tumbuhan penghasil buah yang berasa manis dan sedikit pedas dari suku terong-terongan atau Solanaceae). Buahnya yang berwarna hijau, kuning, merah, atau ungu sering digunakan sebagai campuran salad. Dalam pengertian int


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - Virus corona menyebar dengan cepat di tanah air dan juga negara lainnya. Anda bisa konsumsi makanan-makanan berikut ini untuk meningkatkan imun tubuh. 

Kemunculan kasus virus corona di Tanah Air membuat banyak pihak menyoroti sisi penanganan medis terhadap virus mematikan tersebut.

Padahal, para pakar mengingatkan, pencegahan juga tak kalah pentingnya. Salah satunya dengan meningkatkan imunitas tubuh.

Baca Juga: Ini Kebiasaan yang bisa menurunkan imun tubuh

Selain dengan meningkatkan aktivitas harian, imunitas juga bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi sejumlah makanan.

" Makanan memiliki peran kunci dalam meningkatkan imunitas tubuh." "Itulah mengapa Anda dianjurkan menghindari makanan mentah, termasuk daging mentah, telur mentah, hingga sayur mentah untuk menjaga imunitas." kata Dr Saras Salil, dokter yang berbasis di New Delhi, India, seperti dikutip laman Times of India. 

Nah, beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan imunitas, antara lain:

1. Bawang putih Bawang adalah bahan anti-virus kuat yang dapat dikonsumsi mentah, dihaluskan atau dapat ditambahkan ke dalam sup atau salad. Untuk membuat obat rumahan yang sederhana, campur bawang putih mentah dan cengkeh bersama satu sendok makan madu mentah. 

Setelah itu konsumsilah dalam beberapa hari alternatif. Ini bisa menjadi cara yang fantastis untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. 

2. Berries Makanan yang kaya akan resveratrol, seperti kacang tanah, pistachio, anggur, blueberry, cranberry, stroberi, dan bahkan dark chocolate bisa sangat membantu memerangi infeksi jamur, radiasi ultraviolet, stres, dan cedera. Makanan jenis ini juga melindungi tubuh dari serangan virus. 

3. Minyak kelapa Hindari variasi minyak lainnya dan gunakan minyak kelapa murni dingin atau mentah. Asam laurat dan asam kaprilat yang ada di dalamnya sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap virus. 

4. Jahe bisa membantu menjaga daya tahan tubuh. Jahe memiliki sifat anti-virus, yang bila dicampur dengan adas bintang dan madu dapat membantu mengendalikan efek samping. Ramuan ini bisa dikonsumsi 3-4 kali sehari. 

5. Bintang Adas mengandung asam shikimic yang digunakan sebagai bahan dasar untuk produksi obat anti-flu yang sangat kuat sebagai anti-virus.

Anda ambil beberapa buah adas bintang dan merebusnya di dalam air. Kemudian, Anda tambahkan ke dalam teh seperti teh hijau atau teh hitam dan meminumnya dua kali sehari.

6. Makanan tinggi vitamin C seperti paprika merah, paprika kuning, jeruk, jambu biji dan pepaya kaya akan vitamin C sehingga memiliki sifat anti-oksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Demi menjaga kekebalan tubuh tetap baik, konsumsilah buah-buahan tersebut setiap harinya.

Baca Juga: Awas! Terlalu banyak konsumsi garam bisa menurunkan imun tubuh

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cegah Virus Corona, Santaplah 8 Jenis Makanan untuk Daya Tahan Tubuh", 
Penulis : Nabilla Tashandra
Editor : Glori K. Wadrianto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×