kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini loh manfaat kencur untuk kesehatan tubuh Anda


Jumat, 10 Juli 2020 / 15:09 WIB
Ini loh manfaat kencur untuk kesehatan tubuh Anda
ILUSTRASI. Ilustrasi. Manfaat kencur untuk kesehatan tubuh.


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidak hanya ampuh meredakan batuk, kencur jadi obat herbal yang bermanfaat menurunkan kolesterol dan beberapa penyakit lainnya. 

Kencur sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu bumbu dapur. Tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu masakan, kencur merupakan salah satu jenis obat herbal ampuh menyembuhkan sejumlah penyakit. 

Asal tahu saja, dalam rimpang kencur terkandung berbagai senyawa kimia yang penting sebagai obat herbal. Kandungan senyawa itu di antaranya berupa unsur mineral 13,73 persen, zat tepung atau pati 4,14 persen, dan minyak atsiri sekitar 0,02 persen. 

Baca Juga: Kunyit ampuh mengobati asam lambung, begini cara konsumsinya

Senyawa dalam minyak atsiri kencur mengandung cukup banyak zat seperti asam metil kanil dan penta dekaan, asam sinamat, asam anisat, sineol, etil ester, paraeumorin, borneol, kamphene, gom, dan unsur alkaloid. 

Tak hanya itu, ekstrak kencur juga bisa memberikan efek antiinflamasi, antioksidan, dan bersifat analgesik (pereda nyeri). 

Banyaknya senyawa aktif membuat kencur kaya akan manfaat kesehatan. Melansir berbagai sumber, berikut ini adalah ragam manfaat kencur untuk kesehatan: 

Mencegah kanker 

Merangkum Buku 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan (2018) oleh Yusuf CK Arianto, rimpang kencur juga mengandung etil p-metoksisinamat yang mampu menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler yang berguna sebagai antikanker. 

Aroma kencur yang berasal dari kandungan etil p-metoksisinamat dan etil cinnamate juga bisa memberikan efek menenangkan. 

Mengobati penyakit akibat bakteri 

Ekstrak methanol dari kencur sangat efektir dalam menangkal dan mengatasi bakteri, termasuk bakteri penyebab penyakit sistem saraf pusat yang dinamakan granulomatous amoebic encephalitis. 

Kencur juga mampu membunuh amoebic keratitis, bakteri penyebab infeksi pada kornea mata, maupun dalam mengatasi cacing parasite penyebab penyakit toksokariasis. 

Mengobati kencing batu 

Kandungan senyawa dalam ekstrak kencur berkhasiat dalam mengobati penyakit kencing batu. Untuk memanfaatkannya, Anda tinggal ambil dan cuci dua rimpang kencur, lalu parut untuk dicampur dengan segelas air hangat. 
Setelah diaduk rata, hasil parutan kencur disaring dan tambahkan sedikit garam untuk diminum secara teratur sehari sekali saja. 

Mengobati diare 

Ekstrak kencur yang bersifat antiinflamasi dan antioksidan berkhasiat dalam menyembuhkan gangguan pencernaan dan diare. 

Untuk mendapat manfaat ini, Anda tinggal ambil dan bersihkan dua rimpang kencur dan dua suing bawang merah, kemudian tumbuk hingga halus. Bungkus ramuan tersebut dengan daun pisang, dan letakkan di atas api agar hangat, lalu taruh atau balurkan pada perut yang sakit. 

Mengobati masuk angin dan flu 

Manfaat kencur selanjutnya, yakni bisa sangat ampuh untuk mengobati masuk angin maupun flu. Untuk mendapat manfaat ini, Anda bisa terlebih dahulu menumbuk halus sebuah rimpang kencur dan dua lembar daun kemukus. 

Setelah ditambahkan sedikit air hangat, ramuan ini bisa digunakan sebagai inhaler. Ramuan bisa dioleskan di sekitar hidung atau dibungkus dulu kain agar baunya bisa dihisap hidung. 

Manfaat kencur juga bisa mengencerkan dahak, melegakan tenggorokan, dan menyembuhkan batuk, khususnya bagi anak-anak. Seperti diketahui, kencur dapat memberikan efek antiinflamasi, antioksidan, dan bersifat analgesik. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda ambil satu jari rimpang kencur segar, kemudian bersihkan dan parut. Setelah itu, peras hasil parutan kencur dan masukkan ke dalam sendok. Tambahakan sedikit madu dan minumkan pada anak atau balita yang sedang mengalami batuk. 

Mengatasi muntah-muntah 

Melansir buku Temu-temuan dan Empon-empon: Budidaya dan Manfaatnya (1999) karya Ir. Fauziah Muslisah, kencur memiliki banyak manfaat, salah satunya mengatasi muntah-muntah. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, ambilah 1,5 jari kencur yang masih segar, kemudian cuci hingga bersih. Berikan kencur kepada orang yang menderita muntah-muntah untuk dikunyah bersama sedikit garam. Sesudah dikunyah halus, kencur ditelan. Lakukan dua kali sehari langkah ini sampai penderita merasa lega. 

Meningkatkan nafsu makan 

Kencur baik diberikan kepada anak-anak yang memiliki masalah susah makan. Hal itu dikarenakan, kencur memiliki manfaat karminatif yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menjadi kencur sebagai bahan tambahan dalam masakan atau dijadikan minuman jamu. Baca juga: Jangan Disepelekan, Ini 6 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Bawang Putih 

Menurunkan kolesterol 

Manfaat kencur lainnya, yakni menurunkan kolesterol. Hal itu dikarenakan, ekstrak etanol yang terkandung dalam rimpang kencur dilaporkan dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. 
Meski demikian, manfaat kencur sebagai makanan penurun kolseterol ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. 

Mengatasi infeksi jamur 

Selain bisa mengobati penyakit akibat bakteri, kencur dipercaya bisa juga mengatasi infeksi jamur. Ekstrak kencur terutama dapat membantu menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans yang pada umumnya hidup di dalam tubuh, seperti saluraran pencernaan, mulut, dan vagina.(Irawan Sapto Adhi) 

Baca Juga: Tidak ingin terkena diabetes di usia muda? Lakukan hal berikut ini

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Manfaat Kencur, Obati Batuk hingga Turunkan Kolesterol"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×