kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini langkah sederhana untuk mengobati sakit kepal


Rabu, 19 Agustus 2020 / 11:32 WIB
Ini langkah sederhana untuk mengobati sakit kepal
ILUSTRASI. Cara mengobati sakit kepala perlu dilakukan agar kondisi Anda tidak semakin parah. KONTAN/Muradi/01/08/2010


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sakit kepala merupakan hal yang umum terjadi. Selain disebabkan karena masalah medis, sakit kepala juga bisa dikarenakan stres, dehidrasi, terlalu banyak bekerja, dan lain sebagainya. Cara mengobati sakit kepala perlu dilakukan agar kondisinya tidak semakin parah.

Cara mengobati sakit kepala bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa jenis obat. Namun, cara tersebut tidak selamanya manjur. Healthline (healthline.com) justru menyarankan untuk melakukan langkah sederhana agar sakit kepala bisa segera hilang.

Baca Juga: 3 Cara mengeluarkan dahak dari paru-paru dengan cara alami

Pakai Kompres

Cara mengobati sakit kepala bisa Anda lakukan dengan memakai kompres. Healthline mengatakan bahwa kompres panas atau dingin cocok untuk mengobati sakit kepala jenis muscle tension headache. Kompres panas bisa Anda beli di apotek.

Sedangkan untuk kompres dingin, Anda bisa menggunakan es batu yang diletakkan dalam plastik dan dibalut dengan handuk. Letakkan di kening atau pipi. Pastikan untuk menggunakan kompres dingin tidak lebih dari 10 menit.

Hirup Aromaterapi

Beberapa jenis aroma bisa menstimulus respons positif dan menenangkan pada otak. Beberapa jenis aroma bisa digunakan sebagai cara mengobati sakit kepala. Healthline mengatakan beberapa jenis aroma yang bisa Anda pakai adalah kayu putih, levender, dan lain-lain.

Latihan Pernapasan

Meski dilakukan setiap waktu, tapi latihan pernapasan penting dilakukan, lo. Pernapasan yang dilatih secara teratur bisa digunakan sebagai cara mengobati sakit kepala karena bisa mengendurkan otot dan membuat pikiran jadi lebih fokus.

Baca Juga: 4 Cara merawat telinga agar tetap sehat

Cobalah untuk mencari tempat yang tenang dan nyaman di rumah, kantor, atau lokasi lain yang memiliki sedikit distraksi. Selanjutnya, atur irama pernapasan menjadi lebih pelan. Hirup udara selama lima detik, lalu embuskan selama lima detik pula.

Ulangi cara bernapas tersebut hingga Anda benar-benar merasa rileks. Cara mengobati sakit kepala ini dianggap cukup efektif. Anda bisa mencoba latihan pernapasan dengan cara lain. Salah satunya dengan mencoba yoga.

Hindari Dehidrasi

Tubuh yang dehidrasi akan lebih mudah mengalami sakit kepala. Karena itu, cara mengobati sakit kepala adalah dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Hindari pula minuman lain yang menyebabkan dehidrasi, seperti kafein, alkohol, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×