kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Jus buah segar yang bisa meningkatkan imun tubuh


Kamis, 19 Maret 2020 / 10:46 WIB
Ini Jus buah segar yang bisa meningkatkan imun tubuh
ILUSTRASI. ilustrasi kesehatan, minuman dan makanan untuk kesehatan , buah jeruk segar


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - Imun tubuh memiliki peran penting dalam kesehatan seseorang. Ada banyak cara meningkatkan imun tubuh, salah satunya dengan mengkonsumsi jus buah segar berikut ini. 

Dalam satu tahun, ada kalanya imun tubuh kita mengalami penurunan sehingga membuat kita rentan terkena penyakit seperti demam dan pilek.

Baca Juga: Vitamin C meningkatkan imun dan bisa mencegah penularan virus corona, benarkah?

Meski kedua penyakit tersebut adalah penyakit umum dan mudah sembuh, tetapi sebenarnya bisa dicegah jika kita memiliki imun yang tinggi.

Sistem imun adalah pelindung tubuh yang setiap harinya aktif menyaring sel yang berguna bagi tubuh dan sel yang berpotensi menyebabkan penyakit.

Agar imun tubuh tetap berada dalam kondisi optimal, kita harus memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Untungnya, cara untuk menjaga sistem imun tubuh dan mendapatkan nutrien yang dibutuhkan tubuh sangatlah mudah. Kita bisa mencoba mengonsumsi jus sehat secara rutin.

Berikut daftar jus sehat yang bisa kita coba di rumah dengan bahan-bahan yang mudah di dapat.

1. Jus jeruk

Sejak dulu jus jeruk dikenal mengandung vitamin C dan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas sehingga sering digunakan sebagai minuman penambah imunitas dan juga obat sariawan.

Mengonsumsi jus secara jeruk secara rutin akan melengkapi tubuh dengan vitamin C yang berperan aktif melawan infeksi. Agar mendapatkan khasiat yang maksimal, hindari menambahkan gula ke dalam jus Anda. 

2. Jus semangka 

Jus semangka bukan hanya segar jika diminum pada pagi atau siang hari, tetapi jus ini juga memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan sistem imun. 

Selain itu jus semangka dapat mengurangi rasa nyeri di otot – gejala yang sering timbul saat terserang flu. Membuat jus yang satu ini juga mudah. 
Karena memiliki kandungan air yang tinggi, semangka sangat mudah hancur ketika kita memasukkannya ke dalam blender. 

3. Jus kale, bayam, dan selada 

Jus satu ini memiliki bahan dasar sayur-sayuran yang juga wajib dicoba. Paduan sayur kale, bayam, dan selada akan memberikan vitamin (A, C, B-6), zat besi, dan kalsium sehingga bukan saja meningkatkan sistem imun tetapi juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

4. Jus tomat

Jus tomat segar sangat efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain mengandung vitamin C, tomat juga mengandung folat yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari infeksi.

Baca Juga: Temulawak ampuh cegah virus corona, benarkah?

5. Jus tomat, kale dan seleri 

Jika ingin meminum jus yang lebih kaya nutrisi, Anda bisa mencoba resep satu ini, yaitu menggabungkan tomat, kale dan seleri. Kandungan jus ini akan memberikan vitamin A dan C, magnesium, potasium, zat besi, dan juga lemak nabati. 

Selain menaikkan sistem kekebalan tubuh, jus campuran satu ini juga akan memberikan kita perlindungan dari peradangan.

6. Jus wortel, jeruk, dan apel 

Berbeda dengan jus kombinasi di atas yang memiliki warna hijau dengan sayuran sebagai bahan utama, jus berwarna oranye ini menggunakan buah apel dan jeruk sebagai bahan utamanya. 

Kombinasi dari wortel, apel, dan jeruk akan memberikan perlindungan terhadap flu dan demam. Nutrien yang didapatkan dari jus sehat ini adalah vitamin A, B-6, dan C serta potasium, dan asam folik.

7. Jus bit, kunyit, jahe 

Kunyit dan jahe sejak dahulu sudah dikenal sebagai obat tradisional untuk mengatasi batuk dan pilek. Ketika digabungkan dengan bit, maka kita bisa mendapatkan jus dengan kandungan anti peradangan yang tinggi. Anda pun bisa terbebas dari serangan batuk pilek. 

Salah satu kunci menjaga tubuh agar tidak mudah terkena flu dan demam adalah dengan meningkatkan sistem imun tubuh. Kabar baiknya, kita bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh lewat mengonsumsi jus sehat. 

Untuk mengolahnya hanya membutuhkan mesin juicer atau blender. Konsumsi secara rutin untuk hasil yang maksimal. 

Jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan aman mengonsumsinya secara rutin. Selamat mencoba.(Wisnubrata) 

Baca Juga: Anda penderita influenza? Ini Empat cara mempercepat penyembuhan flu

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Jus Sehat Peningkat Imun yang Bisa Kita Konsumsi", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×