kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini cara mudah menjaga tubuh tetap fit selama masa isolasi diri


Selasa, 31 Maret 2020 / 15:04 WIB
Ini cara mudah menjaga tubuh tetap fit selama masa isolasi diri
ILUSTRASI. gerakan plank pada sit up untuk membentuk perut rata sixpack


Reporter: kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - Selama masa isolasi diri, sebagian orang merasa stres dan tidak enak badan. Untuk menjaga tubuh Anda tetap fit selama di rumah, ikuti beberapa poin berikut ini. 

Imbauan Pemerintah untuk social distancing atau jaga jarak sosial demi mencegah penyebaran virus corona membuat banyak orang #dirumahaja.

Baca Juga: Ini buah dan sayur yang mengandung vitamin c tinggi

Kondisi ini membuat rutinitas berubah, tak ada lagi perjalanan panjang menuju ke kantor, tak ada janji meeting di luar kantor, semua pekerjaan dilakukan dari rumah. 

Banyak orang merasa bosan, belum lagi setiap hari informasi terbaru terkait Covid-19 makin membuat stres dan cemas. Di saat seperti ini, seringkali makanan menjadi cara untuk mengatasi stres. 

Makanan manis seakan menjadi penghibur hati. Belum lagi banyak resto atau penjual makanan yang menawarkan potongan harga selama masa isolasi ini. 

Padahal, gaya hidup penyebab obesitas, diabetes, dan sindrom metabolik bisa memperburuk respons kekebalan tubuh. Di tengah wabah corona sekarang ini, sangat penting menjaga kesehatan, salah satu caranya adalah menjaga daya tahan tubuh. 

Ada lima hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga tubuh tetap  sehat di tengah wabah virus corona:

1. Hindari makanan manis

Anda mungkin beranggapan, mengonsumsi makanan manis bukanlah masalah besar, tapi nyatanya makanan tinggi gula dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh.

Konsumsi gula yaitu berlebih dapat meningkatkan kecemasan hingga kematian dini, serta menekan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, alih-alih mengenyangkan, mengonsumsi makanan tinggi gula justru dapat merangsang lapar semakin cepat.

Pilih camilan yang sehat dan mengenyangkan, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, kacang polong rebus, atau buah-buahan rendah gula/ Yang penting, pastikan kamu mengonsumsi makanan berkualitas dengan jumlah yang tepat, saran Kavita Devgan, seorang konsultan kesehatan dan ahli gizi ternama. 

“Jangan berpesta menikmati makan sepuasnya dengan nutrisi dan kalori kosong. Jika memungkinkan, konsumsi lima porsi buah dan sayuran dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh,” kata Devgan. 

2. Hindari konsumsi minuman tidak sehat 

Masa isolasi dan tak bisa bertemu orang-orang bisa memicu depresi dan kegelisahan. Jangan jadikan kondisi ini sebagai alasan untuk mengonsumsi alkohol berlebihan, jika tak ingin kesehatanAnda terganggu. 

Begitupun bagi para penggemar kopi dan teh. Terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menyebabkan kegelisahan, sulit tidur, bahkan diare. 

3. Hindari junk food 

Dalam masa isolasi diri atau bahkan ketika beberapa Negara memutuskan untuk lockdown di tengah wabah corona, banyak orang memilih makanan instant untuk dibeli dalam jumlah banyak. 

Umumnya, makanan instant menjadi pilihan karena lebih tahan lama. Namun, makanan instant bukanlah makanan yang baik untuk menjaga maupun meningkatkan daya tahan tubuh. 

Baca Juga: Perokok dan pengguna vape rentan terinfeksi virus corona, benarkah?

“Hindari makanan olahan dan makanan beku selama waktu ini, karena dapat menyebabkan beberapa penyakit serius yang dapat membahayakan kekebalan tubuh,” ujar Dr. Hansaji Yogendra, seorang guru yoga. 

Ada baiknya kamu membeli beberapa bahan makanan sehat, memasaknya setengah matang, kemudian menyimpannya di dalam kulkas. 

4. Tak perlu membeli semua yang Anda inginkan 

Menurut Beth Kitchin, Ph.D., asisten profesor di Universitas Alabama di Departemen Ilmu Gizi Birmingham, mewujudkan keinginan pada suatu makanan di saat social distancing memang menjadi lebih mudah, tapi juga lebih sulit untuk diatasi. 

Buat rencana untuk melawan keinginan pada makanan tertentu, terutama jika itu tidak sehat. Siapkan makanan alternatif. Misalnya, ketika Anda menginginkan sesuatu yang asin, kamu bisa makan sayuran segar yang dicelup ke dalam saus keju. 

Penelitian telah menunjukkan, bahwa makan sayuran dengan lemak tambahan membantu penyerapan nutrisi sayuran. 

5. Jangan malas bergerak 

Tidak apa-apa jika dalam kondisi ini kamu tidak bisa pergi ke gym atau berlari di luar. Kamu dapat melakukan zumba atau squat, burpees, push-up, dan latihan beban tubuh lainnya di rumah dengan menonton tutorial. 

Selain itu, kamu juga membersihkan rumah secara teratur dan merawat tanaman, agar tubuh selalu bergerak. Jangan menyerah dan selalu temukan cara untuk menjaga kesehatan sebaik mungkin.

Baca Juga: Telur rebus atau telur goreng yang baik untuk dikonsumsi?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat di Tengah Wabah Corona", 

Editor : Bestari Kumala Dewi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×