kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ingin panjang umur? Coba 4 Cara hidup sehat ini, yuk


Selasa, 13 Oktober 2020 / 09:52 WIB
Ingin panjang umur? Coba 4 Cara hidup sehat ini, yuk
ILUSTRASI. Memelihara anjing bisa jadi salah satu cara hidup sehat. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara hidup sehat perlu dilakukan agar tubuh tak mudah sakit. Dengan begitu, berbagai macam kegiatan dan momen dalam hidup bisa dilalui dengan baik.  Beberapa hal berikut layak untuk Anda praktikkan agar tubuh dan mental sehat.

Kunjungi Terapis

Tak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu Anda perhatikan. Jika Anda merasa ada masalah terhadap kesehatan mental Anda, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke terapis. 

Berdasar penelitian yang dilakukan oleh The Australian National University kesehatan mental berpengaruh pada kematian. Hasilnya, pria memiliki harapan hidup 10.2 tahun lebih pendek, sedangkan wanita 7.3 tahun lebih pendek.

Mengutip dari Eat This Not That, sekitar 80% penderita depresi dan kecemasan bisa membaik saat mendapat obat yang tepat. Hal itu menunjukkan bahwa mengobati masalah kesehatan mental Anda bukanlah suatu hal harus ditunda.

Baca Juga: Wow, ini manfaat konsumsi kunyit dan madu untuk kesehatan tubuh Anda

Miliki Hewan Peliharaan

Salah satu cara hidup sehat adalah dengan memelihara binatang, misalnya anjing.

Cara hidup sehat selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memiliki hewan peliharaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan, misalnya anjing, bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Agar tumbuh sehat, anjing perlu diajak jalan-jalan tiap hari. Dengan begitu, Anda pun berjalan lebih banyak. Hal itulah yang menyebabkan kesehatan jantung Anda terjaga. Selain itu, memiliki hewan peliharaan juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.

Jaga Kesehatan Mulut

The American Heart Association’s Journal Hypertension mengatakan bahwa ada hubungan antara kesehatan mulut dan kesehatan jantung. Saat gusi bengkak dan sakit, hal itu menandai adanya peradangan.

Jika terus dibiarkan dan tak segera diobati, bakteri bisa masuk ke aliran darah melalui gusi yang terluka itu. Masuknya bakteri ke aliran darah bisa membuat peradangan yang tak baik untuk kesehatan jantung dan bagian tubuh lainnya.

Baca Juga: 8 Cara menjaga kesehatan jantung untuk cegah penyakit jantung koroner

Atur Waktu Tidur

Cara hidup sehat selanjutnya tentu saja dengan memiliki kualitas tidur yang baik. Mengutip dari Eat This Not That, usahakan untuk tidur tidak kurang dari tujuh jam dan tidak lebih dari sembilan jam.

Jika tidur dari waktu tersebut, masa hidup akan berkurang sebanyak 12%, resiko kanker dan penyakit jantung meningkat. Sedangkan resiko kematian muda meningkat sebanyak 30% saat tidur lebih dari sembilan jam.

Selanjutnya: Catat, inilah menu diet sehat yang perlu Anda konsumsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×