kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,08   6,72   0.72%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ingin langsing? Jangan lewatkan makan malam


Senin, 04 Maret 2019 / 13:55 WIB
Ingin langsing? Jangan lewatkan makan malam


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak orang percaya jika ingin menurunkan berat badan maka makan malam adalah hal yang terlarang. Padahal, melewatkannya  justru hanya memicu rasa lapar, asam lambung, mual, dan gangguan tidur.

Dengan kata lain, melewatkan makan malam sama sekali tak membantu kita untuk mendapatkan berat badan ideal. Ahli gizi dari New Delhi, Nmami Agarwalt, menyarankan kita untuk menghindari makan dalam porsi besar sebelum tidur. "Ini berguna untuk menghindari refluks gastroesofagus dan penambahan berat badan," ucapnya.

Makan makanan berat dan besar sebelum waktu tidur dapat membuat kita merasa tidak nyaman. Makan malam dalam porsi besar memiliki efek sama seperti alkohol yang memperlambat kinerja tubuh keesokan harinya. 

Selain itu, jika menu makanan kita tinggi gula dan lemak dapat membebani sistem pencernaan sehingga tubuh menyimpan lemak terlalu banyak. Inilah yang menyebabkan kenaikan berat badan dan menyebabkan kualitas tidur terganggu, sehingga membuat kita melambat baik secara fisik maupun mental keesokan harinya.

Porsi

Agarwalt mengatakan, banyak dari kita yang tak tahu bagaimana dan berapa ukuran porsi yang tepat untuk makan malam. "Setiap makanan butuh waktu untuk dicerna. Ketika makan terlalu malam, proses pencernaan akan menghambat tidur," ucapnya.

Makan mendekati waktu tidur juga membuat kalori disimpan sebagai lemak dalam otot karena kurangnya aktivitas tubuh atau fisik. Inilah yang nantinya mengarah ke kenaikan berat badan.

Oleh karena itu, Agarwalt menyarankan kita untuk makan malam dalam porsi kecil dengan waktu dua jam sebelum tidur. Kuncinya adalah menjaga keseimbangan yang tepat.

Konsumsi  makanan yang ringan, sehat dan dalam porsi kecil pada waktu makan malam. Cara ini membantu kita untuk tertidur dengan mudah dan membuat kita bangun dengan perasaan segar dan energik keesokan harinya. Pencernaan juga akan sehat dengan menerapkan cara ini.

Yang lebih membahagiakan, cara ini turut membantu menurunkan berat badan. Kita bisa memilih menu makan malam berupa salad ayam, tumis sayur, sayur kukus, buah, biji-bijian, telur utuh dan roti gandum. (Ariska Puspita Anggraini)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ingin Langsing? Jangan lewatkan Makan Malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×