kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hindari 7 makanan ini agar Anda tetap awet muda


Sabtu, 12 September 2020 / 14:35 WIB
Hindari 7 makanan ini agar Anda tetap awet muda


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - Memiliki wajah awet muda adalah dambaan banyak orang. Ya, tak banyak orang yang ingin terlihat tua meskipun usia bertambah.

Namun, tak hanya usia yang mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Apa yang Anda makan ternyata juga punya pengaruh besar untuk menciptakan keriput di wajah.

"Makanan berkualitas rendah, seperti lemak trans, menyebabkan peradangan. Dan penuaan pada dasarnya adalah kondisi peradangan kronis," kata Timothy Harlan, dokter sekaligua asisten profesor di Fakultas Kedokteran Tulane University dikutip dari Web MD.

Melansir pada artikel yang sama, makan terlalu banyak gula dan karbohidrat olahan seperti pasta atau roti dapat menyebabkan kerusakan kolagen kulit.

Baca Juga: Cara merawat warna rambut supaya awet

Padahal, kolagen merupakan senyawa yang membuat kulit kenyal dan melawan kerutan. Untuk itu, ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari jika tidak ingin segera terlihat tua. Apa saja?

1. Kentang goreng

Kentang goreng adalah camilan yang disukai banyak orang. Tapi, merangkum dari Healthline, makanan yang digoreng dengan minyak bersuhu tinggi seperti kentang goreng dapat melepaskan radikal bebas.

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan sel pada kulit. Paparan radikal bebas mempercepat proses penuaan dan mempengaruhi molekul DNA dan melemahkan elastisitas kulit.

Selain itu, kentang goreng mengandung tinggi garam. Ini dapat membuat kulit dehidrasi dan lebih rentan terhadap kerutan.

Baca Juga: Amazing! Ini manfaat infused water lemon dan jeruk nipis untuk kesehatan

2. Daging olahan

Sesekali mengonsumsi daging olahan seperti hot dog atau pepperoni memang boleh dilakukan. Tapi, sebaiknya jangan sering dilakukan. Pasalnya, daging olahan dapat berbahaya bagi kulit.

Daging olahan biasanya tinggi natrium, lemak jenuh, dan sulfit. Kandungan-kandungan tersebut dapat membuat kulit dehidrasi dan melemahkan kolagen.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×