kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hindari 5 pantangan darah tinggi ini, yuk


Selasa, 17 November 2020 / 11:45 WIB
Hindari 5 pantangan darah tinggi ini, yuk


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi penderita darah tinggi, makanan yang dikonsumsi sehari-hari perlu diperhatikan. Ada beberapa pantangan darah tinggi yang sebaiknya dihindari. Misalnya, makanan asin, makanan berlemak, dan makanan manis karena bisa meningkatkan tekanan darah.

Makanan yang Mengandung Sodium

Sodium dalam garam berpengaruh pada kesimbangan cairan dalam tubuh. Hal itu juga berpengaruh pada tekanan darah dan kesehatan jantung Anda. Mengutip dari Healthline (healthline.com), sebaiknya jangan mengonsumsi lebih dari 2.300 mg sodium setiap hari.

Anda perlu menghindari makanan-makanan yang mengandung sodium berlebih. Misalnya, roti, pizza, sup, dan makanan cepat saji lainnya. Jika Anda terbiasa mengonsumsi makanan-makanan itu, Anda bisa mulai menguranginya terlebih dahulu agar kesehatan jantung tetap terjaga.

Acar

Pantangan darah tinggi selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah acar. Acar dibuat dengan mencampurkan banyak garam. Tujuannya agar acar bisa bertahan dalam jangka waktu lama. Namun, semakin lama acar disimpan dalam wadah, semakin banyak sodium yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga: Sakit asam urat? Coba redakan dengan bahan-bahan alami ini

Gula

Minuman manis, seperti soda, adalah salah satu pantangan darah tinggi yang perlu dihindari.

Healthline mengatakan bahwa gula dapat meningkatkan tekanan darah. Saat terbiasa mengonsumsi minuman dengan pemanis buatan, tubuh Anda rentan mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Hal itu berkaitan dengan resiko tekanan darah tinggi yang meningkat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita penderita tekanan darah tinggi membaik saat mengurangi gula sebanyak 2.3 sdt. Hasilnya, tekanan sistolik turun sebanyak 8.4 mmHg dan tekanan diastolik turun sebanyak 3.7 mmHg.

Alkohol

Selain beberapa jenis makanan di atas, alkohol jadi pantangan darah tinggi selanjutnya yang perlu Anda hindari. Jika Anda belum memiliki kondisi tekanan darah tinggi pun, membatasi konsumsi alkohol bisa digunakan untuk menurunkan resiko masalah kesehatan itu.

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat mencegah efektivitas obat tekanan darah tinggi yang Anda minum. Selain meningkatkan tekanan darah, alkohol juga dapat menambah jumlah kalori dan gula dalam tubuh sehingga Anda lebih mudah mengalami kelebihan berat badan.

Baca Juga: Ini makanan yang harus dihindari penderita asam urat

Sup Kaleng

Sup kaleng atau jenis makanan kaleng lainnya memang mudah untuk diolah. Namun, hal itu tidak baik untuk kesehatan karena mengandung banyak sodium. Artinya, tekanan darah Anda bisa semakin tinggi jika mengonsumsi jenis makanan itu secara berlebihan.

Mengutip dari Healthline, Anda bisa mendapat 1.110 mg sodium dalam sup tomat kaleng. Jika Anda terpaksa mengonsumsi makanan kaleng, cobalah untuk mencari sup yang terbuat dari sodium yang lebih rendah.

Selanjutnya: 5 Pantangan kolesterol yang perlu Anda hindari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×