kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hendak tes DNA? Segini biaya yang harus Anda siapkan


Senin, 18 Mei 2020 / 11:33 WIB
Hendak tes DNA? Segini biaya yang harus Anda siapkan
ILUSTRASI. Ilustrasi. Tim kesehatan sedang mengambil darah seseorang untuk dilakukan tes DNA.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tes DNA alias deoxyribonucleic acid tidak hanya untuk mengetahui garis keturunan. Tes DNA juga bisa untuk mengetahui riwayat kesehatan serta risiko penyakit tertentu pada seseorang. 

Anda pasti sudah tidak asing saat mendengar tes DNA. Tidak heran, tes DNA sering muncul dalam film-film bergenre thriller crime. Umumnya pada detektif melakukan tes DNA kepada para korban yang meninggal untuk mencari tahu kondisi kesehatan atau garis keturunan.   

Baca Juga: Stroke bisa menyerang anak-anak, yuk kenali gejala dan penyebabnya

Sebenarnya apa sih tes DNA? 

Mengutip dari situs resmi Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Sanglah, tes DNA merupakan pengujian atau tes untuk mengetahui informasi genetika seseorang. 

Dengan tes DNA seseorang bisa mengetahui garis keturunan dari ayah dan ibu. Tidak hanya itu tes DNA juga berfungsi untuk mendeteksi kondisi kesehatan dan risiko penyakit seseorang.

Tes DNA dilakukan dengan banyak cara. Ambil untuk pengujian garis keturunan, para ahli akan mengambil sedikit dari bagian tubuh Anda seperti rambut, urine, liur, cairan vagina, sperma darah, atau jaringan tubuh lainnya. 

Sampel tersebut akan dibandingkan dengan orang lain untuk mengetahui hubungan keturunan. 

Umumnya waktu pengujian test DNA memakan waktu lama. Anda bisa mendapatkan hasil tes DNA sekitar dua sampai empat minggu. 

Berapa tarif tes DNA? 

Tarif tes DNA berbeda-beda di setiap rumah sakit dan laboratorium. RSUP Sanglah membanderol tarif tes DNA sekitar Rp 7 juta sampai Rp 8 juta. 

Sedangkan, RSUPN DR. Cipto Mangunkusumo memasang tarif sekitar Rp 10 juta untuk tes DNA keturunan. 

Asla tahu saja, Anda bisa melakukan tes DNA di rumah sakit atau laboratorium. Dengan catatan Anda mendapatkan surat keterangan tes DNA dari dokter. 

Baca Juga: Ingin paru-paru tetap sehat? Konsumsi makanan ini secara rutin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×