kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hati-hati dengan penyebab serangan stroke, salah satunya tekanan darah tinggi


Kamis, 03 Desember 2020 / 18:03 WIB
Hati-hati dengan penyebab serangan stroke, salah satunya tekanan darah tinggi


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat otak mengalami kekurangan oksigen, serangan stroke bisa terjadi. Hal itu bisa disebabkan saat aliran darah menuju otak terhenti. Otak yang kekurangan oksigen tidak bisa berfungsi normal karena sel-sel yang ada mati dalam beberapa menit. Untuk menghindarinya, mewaspadai penyebab stroke ini perlu Anda lakukan.

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyebab utama stroke yang sebaiknya Anda waspadai. Web MD (webmd.com) mengatakan bahwa sebaiknya tekanan darah tak lebih dari 140/90. Jika tekanan darah Anda lebih dari batas tersebut, sebaiknya segera lakukan perawatan yang tepat.

Anda bisa minum obat yang diresepkan dokter untuk menurunkan tekanan darah atau melakukan cara lain. Mulai dari mengonsumsi makanan atau minuman penurun tekanan darah, melakukan olahraga, atau kegiatan lainnya.

Rokok

Merokok atau mengunyah tembakau bisa jadi penyebab stroke lain yang perlu Anda hindari. Nikotin yang masuk ke tubuh Anda dapat meningkatkan tekanan darah. Tak hanya itu, kebiasaan merokok juga mengakibatkan penumpukan lemak di arteri Anda.

Baca Juga: Bisa menurunkan kolesterol dan berat badan, ini ​9 manfaat kimchi bagi kesehatan

Selain itu, merokok juga membuat darah menebal sehingga semakin mudah untuk menggumpal. Tak hanya perokok aktif, dampak tersebut juga bisa dirasakan oleh para perokok pasif. Jadi, usahakan untuk tidak berhubungan dengan rokok jika tak ingin mengalami stroke.

Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyebab stroke yang dialami oleh banyak orang.

Web MD menyebutkan bahwa diabetes juga bisa menyebabkan stroke, apalagi jika penderita juga memiliki tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan. Penyakit diabetes dapat mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko stroke.

Efek stroke pada otak akan semakin terasa saat stroke terjadi ketika jumlah gula darah Anda tinggi. Jika Anda menderita diabetes, ada baiknya untuk menerapkan pola hidup sehat sesuai anjuran dokter supaya penyakit yang Anda derita bisa terkontrol dengan baik.

Baca Juga: Pengentalan darah bisa terjadi di 5 bagian tubuh ini

Obat

Penyebab stroke lainnya yang perlu Anda ketahui adalah beberapa jenis obat yang sedang Anda minum. Contohnya adalah obat pengencer darah yang diresepkan dokter untuk mengatasi penggumpalan darah.

Selain obat, beberapa jenis terapi juga dapat meningkatkan risiko stroke. Misalnya terapi hormon yang digunakan untuk mengatasi gejala menopause. Wanita yang menggunakan pil KB juga dapat mengalami hal yang sama. Maka dari itu, Anda perlu selalu berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi kesehatan Anda.

Selanjutnya: Kenali mitos dan fakta penyakit jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×