kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hati-hati, 4 penyebab telat haid ini bisa Anda alami


Kamis, 22 April 2021 / 14:37 WIB
Hati-hati, 4 penyebab telat haid ini bisa Anda alami
ILUSTRASI. Berbagai macam penyebab telat haid perlu Anda waspadai.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hamil adalah salah satu penyebab telat haid yang diketahui oleh banyak orang. Namun, tahukah Anda bahwa ada faktor lain yang menyebabkan kondisi tersebut? Jika siklus haid Anda selalu terlambat, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Dengan begitu, Anda bisa melakukan perawatan tepat yang sesuai dengan kondisi Anda. Jika tidak, tentu saja kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena beberapa penyebab bisa Anda atasi.

Dalam artikel ini, ada beberapa faktor yang membuat siklus menstruasi Anda terganggu dan Anda perlu mewaspadainya. Jangan lupa untuk memerhatikan gejala-gejala yang lain dan konsultasikan dengan dokter.

Perubahan Berat Badan

Very Well Health (verywellhealth.com) mengatakan bahwa berat badan yang berubah, apalagi secara drastis, dapat mengganggu siklus menstruasi Anda. Hal yang sama juga berlaku jika Anda memiliki berat badan yang tidak ideal.

Obesitas berpengaruh pada hormon progesteron dan estrogen serta menganggu kesuburan. Jika Anda memiliki berat badan berlebih, cobalah untuk melakukan diet. Begitu pula jika berat badan Anda berada di bawah batas normal. Memperbanyak asupan makanan bergizi perlu dicoba.

Baca Juga: 4 Cara meningkatkan hormon progesteron yang bisa Anda lakukan

Olahraga Ekstrem

Olahraga ekstrem jadi penyebab telat haid lainnya yang bisa Anda alami. Kegiatan itu berpengaruh pada aktivitas tiroid sehingga siklus menstruasi pun terganggu. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengatur waktu dan intensitas olahraga yang Anda lakukan sehari-hari.

Konsumsi Obat Tertentu

Mengutip dari Very Well Health, siklus haid bisa terlambat ketika Anda mengonsumsi jenis obat tertentu. Misalnya, antidepresan, kemoterapi, antipsikotik, dan lain sebagainya. Jika Anda mengalami hal tersebut, jangan ragu untuk membicarakannya dengan dokter supaya bisa mendapat perawatan yang tepat.

Baca Juga: 4 Arti warna darah haid yang Anda keluarkan, bisa jadi tanda kesehatan

Stres

Stres bisa jadi salah satu penyebab telat haid.

Stres termasuk salah satu penyebab telat haid yang sering terjadi. Stres berpengaruh pada produksi hormon tertentu yang menyebabkan siklus menstruasi terlambat datang. Cobalah untuk mengatur stres Anda dengan baik.

Anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan relaksasi. Mulai dari yoga, meditasi, melakukan hobi, atau membuat jurnal. Jika perlu, Anda bisa membicarakan masalah Anda dengan dokter. Dengan begitu, stres yang Anda alami bisa terkelola dengan baik sehingga kondisi kesehatan Anda tetap terjaga.

Selanjutnya: Cek, inilah ​15 tanda-tanda hamil yang sering tidak disadari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×