kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hati-hati! 3 dampak Covid-19 ini tidak boleh Anda abaikan


Selasa, 09 Maret 2021 / 15:04 WIB
Hati-hati! 3 dampak Covid-19 ini tidak boleh Anda abaikan


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasien terinfeksi virus corona memang bisa sembuh dalam waktu beberapa minggu. Namun, bukan berarti tidak ada dampak Covid-19 jangka panjang yang mengintai.

Ada beberapa masalah kesehatan yang perlu Anda hadapi pasca terkena penyakit tersebut.

Ada beberapa gejala Covid-19 yang sudah diketahui banyak orang. Misalnya, demam, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, atau sesak napas.

Selain itu, masih banyak ciri-ciri terkena virus corona lainnya yang bertahan lama, meski pasien dinyatakan sudah sembuh.

Pasien Covid-19 yang masih mengalami gejala virus corona disebut dengan istilah “long hauler”. Mengutip dari Mayo Clinic, ada beberapa ciri “long hauler” adalah sakit kepala, nyeri otot, dan rambut rontok.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak gejala lain yang perlu Anda waspadai.

Baca Juga: ​Long hauler covid: gejala, dampaknya, dan bisakah divaksin?

Organ rusak

Meski virus corona menyerang sistem pernapasan manusia, dampak Covid-19 juga bisa terasa di organ yang lain. Jika terus dibiarkan, kerusakan organ dapat mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Beberapa jenis organ yang mengalami kerusakan setelah tubuh terinfeksi virus corona adalah jantung, paru-paru, dan otak. Covid-19 dapat mengganggu kondisi otot jantung sehingga risiko serangan jantung dan penyakit jantung lainnya pun meningkat.

Gangguan pada pembuluh darah

Mayo Clinic menyebutkan, virus corona menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih mudah menggumpal. Artinya, risiko stroke dan serangan jantung meningkat.

Tidak berhenti sampai di situ, Covid-19 menyebabkan pembuluh darah bocor. Jika hal itu terjadi, fungsi liver dan ginjal akan terganggu sehingga kondisi kesehatan Anda pun terancam.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan cara-cara pencegahan Covid-19. Usahakan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, ya.

Baca Juga: Isolasi mandiri pasien positif Covid-19 dinyatakan selesai jika penuhi 3 kriteria ini

Kelelahan jangka panjang

Dampak Covid-19 lainnya adalah Anda akan merasa kelelahan dalam jangka waktu panjang. Tidak hanya itu, mood atau perasaan Anda pun bisa terganggu.

Kondisi itu terjadi akibat perawatan Covid-19 yang cukup berbeda dari perawatan penyakit yang lain. Pasien terinfeksi virus corona perlu melakukan isolasi mandiri.

Untuk kasus yang lebih parah, pasien Covid-19 membutuhkan ventilator dan perawatan ICU. Pengalaman itulah yang membuat Anda mengalami kelelahan jangka panjang.

Selanjutnya: 4 Dampak Covid-19 terburuk yang bisa Anda alami, hati-hati!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×