kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, inilah penyebab katarak dan cara mencegahnya


Kamis, 08 Oktober 2020 / 12:40 WIB
Catat, inilah penyebab katarak dan cara mencegahnya
ILUSTRASI. Penyebab katarak bisa memunculkan gejala yang terasa, seiring bertambahnya usia.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Katarak merupakan suatu kondisi di mana mata tertutup selaput putih. Karena itu, Anda harus menghindari penyebab katarak. 

Mata yang tertutup selaput putih bisa menyebabkan penglihatan seseorang menjadi terganggu. Agar tak semakin parah, penyebab katarak bisa Anda hindari dengan melakukan beberapa hal.

Penyebab katarak

Melansir dari Mayo Clinic, katarak muncul seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Beberapa hal yang memicu timbulnya masalah kesehatan ini adalah kecelakaan yang mengubah jaringan lensa mata, keturunan, diabetes, dan pengobatan atau kondisi medis lain.

Selain dipicu oleh hal tersebut, penyebab katarak juga bisa meningkat karena faktor lain. Misalnya, terpapar banyak sinar matahari, merokok, obesitas, tekanan darah tinggi, dan terlalu banyak mengonsumsi alkohol.

Ada beberapa tipe katarak yang ditentukan oleh posisinya. Nuclear cataract terjadi di pusat lensa mata, cortical cataract terjadi di tepi lensa mata, dan posterior subcapsular cataract terjadi di belakang lensa mata.

Selain itu, ada pula congenital cataract yang dialami seseorang sejak lahir.

Baca Juga: Makanan untuk menjaga kesehatan mata, berikut daftarnya

Gejala katarak

Mayo Clinic menyebutkan, ada beberapa gejala katarak yang biasa dialami seseorang. Mulai dari penglihatan menjadi buram, kesulitan melihat benda-benda di malam hari, sensitif terhadap cahaya, hingga kebutuhan lensa kontak atau kacamata yang sering berubah.

Pada awalnya, katarak hanya mengganggu sedikit penglihatan Anda sehingga Anda tak menyadari kemunculannya. Seiring berjalannya waktu, selaput putih akan semakin parah sehingga mengganggu masuknya cahaya ke mata.

Jika Anda mengalami gejala-gejala itu, segera konsultasikan diri pada dokter. Apalagi jika Anda melihat objek ganda dari salah satu mata atau kepala menjadi lebih sering pusing tanpa alasan yang jelas.

Baca Juga: Ini manfaat memakai kacamata hitam untuk kesehatan mata

Cara mencegah katarak

Memakai kacamata hitam bisa digunakan untuk mencegah penyebab katarak.

Sampai saat ini, belum ada cara pasti untuk menghindari penyebab katarak. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperlambat kondisi tersebut menjadi lebih parah.

Pertama, berhenti merokok dan kurangi konsumsi alkohol.

Kedua, konsumsi makanan bergizi. Anda bisa memilih buah dan sayur yang kaya vitamin, mineral, dan antioksidan.

Ketiga, lakukan olahraga secara rutin dan konsultasikan kondisi kesehatan yang meningkatkan resiko katarak, seperti diabetes atau konsumsi obat-obatan lainnya.

Saat Anda melakukan kegiatan di luar ruangan, tak ada salahnya untuk menggunakan kacamata hitam. Sebab, terpapar sinar matahari bisa menyebabkan katarak. Sinar UVB bisa terhalangi jika Anda menggunakan kacamata tersebut.

Selanjutnya: 7 Cara aman mengurangi mata minus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×