kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, ini cara menekan nafsu makan yang berlebihan


Senin, 25 Mei 2020 / 12:49 WIB
Catat, ini cara menekan nafsu makan yang berlebihan


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nafsu makan berlebihan umumnya terjadi saat musim liburan. Akan tetapi, beberapa orang juga susah mengendalikan keinginan ngemil dan makan di luar musim liburan.

Melansir Medical News Today, ngemil atau makan berlebihan sesekali memang tidak membahayakan kesehatan. Namun, jika kondisi ini tidak dikendalikan dan menjadi kebiasaan, dampaknya bisa cukup serius. Orang dengan nafsu makan berlebihan rentan mengidap penyakit diabetes tipe 2, penyakit jantung dan pembuluh darah, obesitas, dan sindrom metabolik.

Melansir laman resmi Harvard T.H. Chan, penyebab nafsu makan berlebihan ditunjang kondisi lingkungan yang berlimpah makanan. Tak sulit menemukan makanan di sekitar kita. Ditambah, iklan makanan terus bermunculan dan kemasan makanan dibuat memikat untuk menarik minat pembeli.

Baca Juga: Yuk kenali jenis, penyebab dan gejala kanker perut

Selain itu, banyak makanan dan minuman yang disajikan tinggi garam, gula, dan lemak untuk meningkatkan selera makan. Tak pelak, kita jadi sering makan saat tidak lapar, atau makan melebihi kebutuhan energi harian.

Terlepas dari berbagai penyebab nafsu makan berlebihan, keinginan untuk terus ngemil dan makan ini dapat merusak sinyal kenyang di tubuh. Untuk itu, orang yang doyan makan disarankan untuk mencari cara mengurangi nafsu makan yang berlebihan. Berikut beberapa caranya:

1. Fokus saat makan

Banyak orang makan sambil lalu atau makan sambil mengerjakan hal lain. Kondisi ini menyebabkan otak tidak mengingat informasi seberapa banyak asupan yang Anda makan, sehingga Anda sulit mengontrol rasa kenyang dan lapar.

Coba untuk menikmati makanan dengan fokus. Hentikan segala sesuatu yang sedang Anda kerjakan dan nikmati makanan dan resapi pengalaman seutuhnya. Anda bisa mulai dengan menikmati makan tanpa bermain HP, menonton televisi, dan sebagainya.

Baca Juga: Dari hari ke hari, begini gejala awal terjangkit virus corona




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×