kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, 5 faktor ini jadi penyebab mulut terasa pahit


Selasa, 09 Februari 2021 / 12:53 WIB
Catat, 5 faktor ini jadi penyebab mulut terasa pahit


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Mulut terasa pahit setelah minum kopi atau jenis makanan lain memang hal yang wajar. Namun, jika Anda terus mengalami kondisi itu, bisa jadi kesehatan tubuh Anda sedang terganggu. Ada banyak faktor penyebab mulut terasa pahit.

Mulai dari kehamilan, konsumsi obat tertentu, hingga kondisi kesehatan yang lain. Anda tidak boleh mengabaikan rasa pahit yang muncul. Jika terus dibiarkan, bisa jadi kondisi kesehatan Anda memburuk.

Dengan mengetahui penyebab munculnya rasa pahit, Anda menjadi tahu perawatan apa yang perlu Anda dapatkan. Selain itu, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter agar proses pengobatan bisa berjalan secara efektif.

Kehamilan

Selama hamil, ada banyak perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh wanita. Mengutip dari Healthline, perubahan hormon estrogen berpengaruh pada indra pencecap di lidah Anda.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir jika muncul rasa pahit saat hamil. Sebab, hal itu bisa hilang seiring bertambahnya usia kandungan.

Baca Juga: Pakai bahan alami, ini 4 cara mengatasi gusi bengkak

Mulut kering

Mulut kering bisa jadi faktor lain yang menyebabkan munculnya rasa pahit. Kurangnya produksi air ludah pun dapat menyebabkan bau mulut tak sedap dan penderitanya kesulitan untuk berbicara dan menelan.

GERD

GERD bisa jadi salah satu penyebab mulut terasa pahit.

GERD atau gastroesophageal reflux disease biasanya ditandai dengan asam lambung yang kembali ke kerongkongan hingga mulut. Hal itu menyebabkan munculnya sensasi terbakar atau heartburn dan mulut terasa pahit.

Obat

Mengonsumsi jenis obat tertentu, apalagi obat yang mengandung elemen logan, dapat memunculkan rasa pahit di mulut. Beberapa jenis obat itu, menurut Healthline, adalah antibiotik, obat jantung, atau suplemen yang mengandung zinc atau tembaga.

Baca Juga: Bisa pakai bahan alami, inilah 4 cara agar bibir tidak kering

Infeksi

Tubuh yang terinfeksi virus flu, sinusitis, atau jenis penyakit lain akan memproduksi satu jenis protein yang berguna untuk melawan serangan penyakit. Tujuannya, agar inflamasi atau peradangan dalam tubuh bisa teratasi dengan baik.

Munculnya protein untuk melawan penyakit itulah yang menyebabkan indra pencecap Anda menjadi lebih sensitif sehingga mulut terasa pahit. Jika Anda merasakan hal tersebut dan gejala lainnya, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat obat yang sesuai.

Selanjutnya: Bukan jantung, inilah 4 penyebab sakit dada sebelah kiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×