kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cari cara menghilangkan jerawat batu? Bahan alami ini jawabannya


Senin, 22 Maret 2021 / 10:53 WIB
Cari cara menghilangkan jerawat batu? Bahan alami ini jawabannya
ILUSTRASI. Kunyit bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat batu.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jerawat batu merupakan salah satu jenis jerawat yang biasanya lebih sulit untuk dihilangkan. Meski bisa hilang, umumnya muncul bekas jerawat yang mengganggu penampilan. Namun, hal itu bisa Anda hindari dengan cara menghilangkan jerawat batu memakai bahan-bahan alami.

Selain mudah didapat, bahan alami juga cukup aman untuk dipakai. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ketika memakainya. Meski demikian, Anda tetap perlu melakukan uji coba terlebih dahulu untuk melihat apakah ada reaksi alergi yang muncul atau tidak.

Ada beraneka macam bahan alami yang bisa Anda pakai. Mulai dari kunyit, teh hijau, dan lain sebagainya. Cobalah untuk memakai bahan-bahan alami secara rutin supaya jerawat batu segera hilang dan kulit wajah menjadi lebih sehat.

Tea Tree Oil

Mengutip dari Emedi Health (emedihealth.com), tea tree oil bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan jerawat batu. Tea tree oil mengandung banyak antimikroba yang berfungsi mengobati jerawat batu di kulit wajah Anda.

Pertama, campur satu hingga dua tetes tea tree oil dengan air. Setelah itu, aplikasikan pada area kulit yang berjerawat. Jika jerawat batu muncul di bagian tubuh yang lain, Anda bisa mencampur tea tree oil ke dalam air yang Anda pakai untuk mandi.

Baca Juga: 8 Manfaat temulawak untuk kesehatan: mengobati jerawat sampai menurunkan kolesterol

Teh Hijau

Salah satu cara menghilangkan jerawat batu adalah memakai teh hijau.

Antioksidan yang terkandung dalam teh hijau efektif memecah dan membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Dengan begitu, kemunculan jerawat batu bisa berkurang. Tidak hanya itu, kandungan dalam teh hijau pun efektif menurunkan produksi sebum di kulit.

Anda perlu merebus kantung teh hijau selama tiga menit terlebih dahulu. Setelah itu, diamkan beberapa saat hingga kantung teh dingin lalu keluarkan teh dari dalam kantung. Selanjutnya, campur teh tersebut dengan madu, aduk, lalu aplikasikan pada wajah selama 20 menit. Kemudian, bilas dengan air.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan-bahan alami

Kunyit

Bahan alami lain yang cocok dijadikan cara menghilangkan jerawat batu adalah kunyit. Jenis rempah itu mengandung antimikroba, antioksidan, dan antiinflamasi yang baik digunakan sebagai obat jerawat. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Campur 1-2 sdt bubuk kunyit dengan air atau minyak wijen yang belum dimurnikan. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada wajah selama satu jam lalu bilas dengan air. Emedi Health merekomendasikan cara ini untuk dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari.

Selanjutnya: 3 Masker wajah alami untuk remaja, bahannya mudah didapat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×