kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara menghaluskan rambut bisa efektif dengan 4 bahan ini


Senin, 02 November 2020 / 08:24 WIB
Cara menghaluskan rambut bisa efektif dengan 4 bahan ini
ILUSTRASI. Cara menghaluskan rambut bisa memakai berbagai macam bahan alami./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/13/06/2011.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rambut kasar sering kali membuat penampilan kurang maksimal. Jika Anda salah satu orang yang memiliki masalah tersebut, cara menghaluskan berikut layak untuk dicoba. Bahan yang Anda butuhkan cukup mudah untuk didapat.

Air Dingin

Siapa yang suka membilas rambut menggunakan air hangat? Nyatanya, air hangat tak bagus untuk kondisi rambut, lo. Mengutip dari Lifehack (lifehack.org), kutikula rambut akan terbuka saat Anda mencucinya dengan air hangat.

Lebih baik, cuci rambut Anda menggunakan air dingin. Meski terasa kurang nyaman, apalagi saat Anda mencuci rambut saat mandi, tapi air dingin membuat kutikula rambut tertutup. Dengan begitu, rambut akan terlihat lebih halus dan lebih mudah untuk ditata.

Lidah Buaya

Tak hanya cocok digunakan untuk menjaga kesehatan kulit, lidah buaya juga dapat dimanfaatkan sebagai cara menghaluskan rambut. Dalam lidah buaya, terdapat kandungan yang mirip seperti keratin. Keratin merupakan sejenis protein yang berfungsi untuk menjaga rambut.

Baca Juga: 4 Rekomendasi masker rambut dari bahan alami

Caranya, campurkan gel lidah buaya dengan air hangat. Oleskan pada seluruh bagian rambut lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air. Jika Anda memakai gel lidah buaya yang dijual di pasaran, pastikan untuk menggunakan gel yang mengandung alkohol, ya.

Pisang dan Yogurt

Pisang dan yogurt bisa jadi cara menghaluskan rambut.

Selain gel lidah buaya, Lifehack juga merekomendasikan masker yang terbuat dari pisang dan yogurt. Kedua bahan tersebut bekerja sebagai pelembab kulit kepala dan rambut secara maksimal.

Pertama, aduk sebuah pisang dengan 2 sdm yogurt plain sampai berbentuk pasta. Aplikasikan masker mulai dari kulit kepala hingga seluruh bagian rambut. Setelah itu, tutup menggunakan shower cap lalu diamkan selama 45 menit. Kemudian, bilas dan cuci rambut menggunakan sampo.

Baca Juga: 6 Cara mengatasi rambut kering agar lebih mudah diatur

Cuka Apel

Cara menghaluskan rambut selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai cuka apel. Bahan alami ini tak hanya membuat rambut menjadi halus, tapi juga membuatnya berkilau dan membersihkan kotoran yang menumpuk.

Caranya, campurkan ¼ gelas cuka apel dengan segelas air. Gunakan campuran tersebut setelah Anda mencuci rambut. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa membilasnya dengan air dingin. Dengan begitu, kutikula rambut akan benar-benar tertutup.

Selanjutnya: 4 Cara meluruskan rambut yang mudah dilakukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×