kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara mengatasi rambut bercabang dengan 3 bahan alami terbaik


Kamis, 29 Oktober 2020 / 09:04 WIB
Cara mengatasi rambut bercabang dengan 3 bahan alami terbaik
ILUSTRASI. Cara mengatasi rambut bercabang bisa menggunakan bahan-bahan alami./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/13/06/2011.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rambut bercabang merupakan masalah rambut yang umum dialami oleh sebagian orang. Biasanya, kemunculan rambut bercabang dibarengi dengan kondisinya yang kering. Hal tersebut tentu saja mengganggu penampilan. Maka dari itu, cara mengatasi rambut bercabang perlu Anda lakukan.

Ada banyak hal yang menyebabkan rambut Anda menjadi bercabang. Mulai dari terlalu banyak menggunakan produk perawatan rambut berbahan kimia, menggunakan alat penata rambut bersuhu panas, dan salah memilih sisir.

Terlalu sering mengganti warna rambut juga bisa jadi penyebab lainnya. Hal-hal tersebut menghilangkan kelembaban rambut. Beberapa bahan alami berikut ini bisa Anda coba untuk memperbaiki kondisi rambut Anda.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa berfungsi untuk melembabkan dan menjaga protein agar tak hilang dari rambut. Stylecraze (stylecraze.com) mengatakan, minyak kelapa juga mengandung lauric acid dan antijamur sehingga mencegah munculnya ketombe dan serangan jamur lainnya.

Baca Juga: 4 Rekomendasi masker rambut dari bahan alami

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Oleskan minyak kelapa di kulit kepala dengan cara memijatnya. Jangan lupa pula untuk mengaplikasikan minyak itu di seluruh rambut. Setelah itu, tutup rambut menggunakan shower cap selama dua hingga tiga jam.

Teh Hijau

Cara mengatasi rambut bercabang bisa menggunakan teh hijau.

Selain bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan, teh hijau juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi rambut bercabang, lo. Teh hijau mengandung katekin dan antioksidan yang mampu menstimulus pertumbuhan rambut.

Tak hanya itu, teh hijau juga mengandung antijamur dan antiinflamasi yang bisa mencegah infeksi jamur. Pertama, campurkan ½ sdm bubuk teh hijau dengan 1 sdm minyak kelapa. Gunakan campuran yang telah berbentuk pasta pada kulit kepala dan rambut.

Selanjutnya, diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin. Anda bisa menggunakan bahan alami ini minimal sekali dalam seminggu. Untuk hasil yang maksimal, lebih baik untuk mengonsumsi teh hijau untuk menjaga kesehatan rambut dari dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Cara dasar merawat rambut agar tak cepat rusak

Lidah Buaya

Cara mengatasi rambut bercabang selanjutnya yang direkomendasikan Stylecraze adalah menggunakan lidah buaya. Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam lidah buaya, yaitu antiinflamasi, antijamur, dan pelembab.

Kandungan-kandungan tersebut mampu mencegah munculnya ketombe dan rambut bercabang. Selain itu, keseimbangan pH kulit kepala juga bisa terjaga. Anda bisa mencoba bahan alami ini bersama dengan minyak almond.

Caranya, campurkan ½ sdm gel lidah buaya dan ½ sdm minyak almond. Gunakan campuran pada kulit kepala dan rambut lalu diamkan selama 20 hingga 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air. Anda bisa melakukan cara ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

Selanjutnya: 6 Cara mengatasi rambut kering agar lebih mudah diatur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×