kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa dari bahan alami, ini pilihan 5 obat sinusitis


Jumat, 22 Januari 2021 / 10:03 WIB
Bisa dari bahan alami, ini pilihan 5 obat sinusitis


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sinus adalah rongga di sekitar hidung yang saling tehubung. Rongga tersebut dapat tersumbat karena berbagai macam hal, seperti alergi, pilek, atau infeksi. Supaya kondisi Anda tak semakin memburuk, ada beberapa obat sinusitis yang perlu Anda gunakan.

Sinusitis yang tidak ditangani dengan benar bisa membuat beragam masalah, mulai dari demam hingga radang selaput otak atau meningitis. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya hal itu.

Pertama, minum banyak cairan supaya tubuh tak dehidrasi. Misalnya air putih, teh, atau jus buah. Tak hanya menghindari dehidrasi, minum banyak cairan juga dapat mengencerkan lendir yang menyumbat sinus. Selain itu, masih banyak cara lain yang bisa Anda coba.

Rempah

Mengutip dari NDTV Food (food.ndtv.com), rempah bisa Anda manfaatkan sebagai obat sinusitis. Antiinflamasi dan antibakteri dalam rempah mampu memecah lendir yang menyumbat sinus sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Baca Juga: Gejala sinusitis bisa diredakan dengan pengobatan di rumah

Uap

Salah satu cara efektif mengatasi sinusitis adalah dengan menghirup uap. Caranya, campur 3 tetes minyak rosemary dengan 3 tetes minyak peppermint dan dua tetes minyak kayu putih dalam sebuah wadah berisi air panas.

Setelah itu, arahkan wajah menghadap wadah tersebut kemudian hirup uap yang keluar. Anda bisa meletakkan handuk di belakang kepala atau leher supaya efeknya bisa terasa secara maksimal. Lakukan cara tersebut hingga sinus Anda benar-benar terasa lega.

Cuka Apel

Cuka apel termasuk dalam obat sinusitis yang bisa Anda coba. Cobalah untuk minum segelas air hangat dengan 2-3 sdm cuka apel sebanyak tiga kali dalam sehari. Anda bisa menambahkan madu atau air lemon supaya minuman itu terasa lebih lezat.

Baca Juga: Catat! Inilah 5 gejala sinusitis yang perlu Anda tahu

Sup

Sup bisa Anda manfaatkan sebagai obat sinusitis.

NDTV Food merekomendasikan kuah sup sebagai cara selanjutnya untuk mengatasi sinusitis. Sup terbuat dari bahan makanan bergizi dan rempah yang bisa mengurangi penyumbatan. Usahakan untuk mengonsumsinya dalam keadaan masih panas supaya penyumbatan bisa teratasi dengan lebih maksimal.

Jahe dan Kunyit

Kunyit mengandung antiinflamasi dan antioksidan yang berguna untuk mengatasi penyumbatan sinus. Cobalah untuk mengolahnya bersama dengan jahe supaya kondisi tubuh bisa lebih sehat dengan lebih cepat. Minum campuran bahan alami itu dua hingga tiga kali sehari.

Selanjutnya: 5 Bahan alami ini efektif jadi obat hidung tersumbat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×