kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berikut obat herbal yang ampuh meredakan gatal-gatal dan ruam


Kamis, 02 Juli 2020 / 18:58 WIB
Berikut obat herbal yang ampuh meredakan gatal-gatal dan ruam


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda sering mengalami gatal-gatal dan ruam. Jangan khawatir, ini obat herbal yang ampuh meredakan gatal-gatal dan ruam.  

Biasanya gatal dan ruam muncul saat Anda mengalami alergi terhadap sesuatu atau digigit serangga. 

Meski tidak berbahaya, sebaiknya Anda segera mengambil tindakan untuk meredakan rasa gatal dan ruam tersebut. Hal ini penting agar kulit Anda tidak sampai lecet atau infeksi karena terlalu sering digaruk.  

Baca Juga: Amazing! Ini manfaat infused water lemon dan jeruk nipis untuk kesehatan

Meredakan gatal dan ruam bisa menggunakan obat dari dokter. Alih-alih minum obat Anda bisa menggunakan obat herbal untuk meredakan gatal dan ruam tersebut. 

Berikut obat herbal yang dipercaya ampuh meredakan gatal dan ruam.     

1. Timun 

Timun memiliki senyawa yang bersifat menyejukkan dan menyegarkan, karena itulah timun banyak digunakan di salon-salon kecantikan. 

Tidak hanya itu, timun juga bisa digunakan sebagai obat ruam di kulit. Anda potong timun, ditumbuk, atau diparut dan kemudian letakkan di atas kulit yang ruam. 

2. Kulit pisang 

Kulit pisang berkhasiat menyejukkan. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda letakkan kulit pisang di atas kulit yang gatal dengan bagian dalam menghadap ke kulit, kemudian dipijat perlahan hingga gatal berkurang. 

3. Cuka apel 

Dengan segudang manfaat lain di dalamnya, cuka apel juga bermanfaat sebagai penangkal gatal. Pengaplikasiannya yaitu dengan menggunakan kapas atau kertas yang sudah ditetesi dengan cuka apel dan ditaruh di atas ruam. 

Fungsinya yaitu untuk menetralkan racun yang mungkin merupakan penyebab ruam. 

4. Baking soda 

Penggunaan baking soda di kulit yang gatal dapat menarik racun ke permukaan sehingga dikenal juga sebagai obat jerawat alami. 

Untuk meringankan ruam, terutama ruam merah yang melepuh, tiga sendok baking soda dapat dicampur dengan air dan dioleskan ke kulit yang ruam. 

5. Oatmeal 

Gatal dan ruam ternyata juga bisa diatasi dengan oatmeal. Pertama, Anda haluskan outmeal sampai menjadi bubuk. 

Kemudian, Anda masukan ke dalam kantong yang diikatkan pada kran tempat keluarnya air pada bak mandi. Berendamlah di air hangat yang sudah tercampur dengan oatmeal selama 30 menit. Oatmeal juga bisa langsung diaplikasikan pada bagian kulit yang ruam dan gatal. 

6. Lidah buaya 

Lidah buaya atau dikenal juga dengan Aloe vera bisa digunakan sebagai penyejuk rasa terbakar pada kulit. Getah lidah buaya bisa langsung dioleskan pada bagian kulit yang terasa terbakar. 

7. Alkohol 

Alkohol digunakan untuk mencegah penyebaran gatal karena racun. Oleskan alkohol dengan cepat ke daerah kulit yang terkena racun guna mencegah racun masuk lebih ke dalam pada kulit. 

8. Sari lemon 

Asam dari sari lemon merupakan astringent (bahan yang bersifat mengeringkan) alami. Sari lemon bekerja dengan mengeliminasi minyak yang berlebihan, sehingga banyak digunakan sebagai produk kecantikan. 

Namun dalam menangkal gatal, sari lemon bisa menyerap racun yang berbentuk minyak sehingga mengurangi gatal. Sari lemon bisa langsung dioleskan pada bagian kulit yang gatal dan ruam. 

9. Air mengalir 

Saat kulit terkena racun atau bahan kimia, hal yang paling mudah dilakukan yaitu mencucinya di bawah air mengalir. Air mengalir akan membawa racun keluar dari permukaan kulit sehingga mencegahnya untuk masuk lebih dalam. 

10. Kompres dingin 

Kompres dingin langsung di kulit yang ruam untuk meringankan gatal dan mencegah Anda untuk menggaruknya. 

Ingat, kuku yang tajam dapat membuka bagian ruam yang melepuh sehingga menyebabkan infeksi.(Unoviana Kartika)

Baca Juga: Ini loh perbedaan penyakit pilek dan flu

 
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Bahan Alami Penangkal Gatal", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×