kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,90   4,55   0.49%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berikut bahan-bahan yang bisa meredakan penyakit maag


Kamis, 25 Juni 2020 / 19:44 WIB
Berikut bahan-bahan yang bisa meredakan penyakit maag
ILUSTRASI. Ilustrasi. Jahe bisa meredakan penyakit maag.


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda menderita maag? Alih-alih terus mengkonsumsi obat, Anda bisa meredakan penyakit maag dengan mengkonsumsi bahan-bahan berikut.  

Maag menjadi salah satu penyakit yang paling sering diderita orang Indonesia. Maag menyerang pencernaan yang membuat penderitanya mengalami mual, muntah, perut kembung, dan dada yang terasa nyeri atau seolah terbakar. 

Baca Juga: Ini gejala penyakit maag yang harus Anda ketahui

Umumnya penyakit maag tidak menyebabkan masalah medis yang serius, jika dibiarkan berlalur-larut bisa mengembangkan risiko masalah kesehatan yang lebih parah. 

Kadang penyakit maag bisa memburuk sewaktu-waktu, tergantung tingkat keparahannya. Oleh karena itu, Anda harus segera mencari bantuan medis jika kondisi maag yang dialami menyebabkan masalah berikut: Napas tersengal, susah bernapas, keringat mengucur deras, nyeri dada yang menjalar sampai ke rahang, leher, atau lengan dada terasa nyeri saat sedang beraktivitas maupun ketika mengalami stres. 

Penyebab seseorang menderita maag  

Melansir Hello Sehat, penyebab umum penyakit maag adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti: 

  1. Porsi makan yang terlalu banyak 
  2. Makan terlalu cepat 
  3. Terlalu sering makan makanan pedas dan asin 
  4. Terlalu sering minum minuman beralkohol 
  5. Banyak minum minuman berkafein seperti kopi, teh, dan cokelat 
  6. Gemar minum minuman bersoda atau berkarbonasi lainnya 
  7. Merokok 
  8. Kecemasan dan stres 
  9. Kebiasaan makan mendekati waktu tidur 

Selain gaya hidup yang tak sehat, maag juga bisa disebabkan oleh beragam penyakit seperti refluks asam lambung, gastritis, infeksi lambung, tukak lambung, kanker perut dan penyakit celiac. 

Sembelit dan obesitas juga bisa berkontribusi sebagai penyebab penyakit maag. 

Mengobati Maag

Pengobatan penyaki maag sebenarnya tidak terlalu rumit. Beberapa bahan rumahan bisa membantu Anda mengatasi penyakit ini. 

Melansir dari berbagai sumber, berikut bahan rumahan yang bisa kita manfaatkan untuk mengobati maag: 

1. Jahe 

Selain meredakan mual dan meningkatkan sirkulasi darah, jahe bisa membantu Anda menangkal asam lambung. Caranya cukup meminum seduhan irisan jahe ke dalam air panas selama 10 hingga 20 menit. Cara ini bisa membantu meredakan sakit di area perut. 

2. Baking soda 

Dengan tingkat pH tinggi, baking soda bisa membantu menetralkan asam di dalam perut. 

Anda cukup mencapur baking soda adalah dengan cara dicampurkan dengan air hingga larut dan meminumnya sebagai obat maag. Untuk menggunakannya sebagai obat, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter karena baking soda mengandung kadar garam dan gas yang tinggi. 

3. Permen karet 

Mengunyah permen karet merangsang produksi air liur yang membantu melarutkan dan membersihkan asam dari area yang tidak diinginkan. 

Bertambahnya produksi liur bisa mengubah pH liur menjadi basa dan membuat Anda lebih sering menelan. Hal ini membuat asam lambung menjadi netral jika asam tersebut naik ke kerongkongan sehingga iritasi pada kerongkongan ikut berkurang. 

4. Jus lidah buaya 

Lidah buaya biasanya digunakan untuk meredakan luka bakar. Kabar baiknya, tanaman ini juga bisa digunakan untuk meredakan sensasi terbakar yang terjadi di bagian dalam tubuh. 

Dengan minum segelas jus lidah buaya, Anda bisa bisa menenangkan kerongkongan yang terbakar karena naiknya asam lambung, menghindari iritasi, dan mengurangi peradangan. 

5. Teh chamomile 

Teh chamomile bisa menenangkan pencernaan dan membantu mengurangi asam lambung berlebihan sehingga meringankan gejala maag. Tapi mengonsumsi teh chamomile perlu dilakukan dengan hati-hati. 

Pasalnya, chamomile mengandung bahan antikoagulan yang bisa menimbulkan risiko pendarahan saat dikonsumsi bersama obat pengencer darah.(Ariska Puspita Anggraini) 

Baca Juga: Amazing! Kacang hijau bisa mengobati bisul hingga darah tinggi     

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sakit Maag? Atasi dengan 5 Bahan Rumahan Berikut...",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×