kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Benjolan di ketiak bisa diatasi dengan cara ini


Selasa, 10 November 2020 / 08:12 WIB
Benjolan di ketiak bisa diatasi dengan cara ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Benjolan di ketiak terjadi saat kelenjar getah bening mengalami pembengkakan. Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya kondisi tersebut. Memang tak semua penyebab benjolan mengkhawatirkan, tapi Anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter agar kondisi kesehatan Anda tetap terjaga.

Gejala Benjolan di Ketiak

Mengutip dari Buoy Health (buoyhealth.com), ada beberapa ciri benjolan yang muncul di bagian ketiak Anda. Benjolan bisa memiliki ukuran yang besar ataupun kecil. Biasanya, benjolan menyebabkan sakit dan terasa lunak, berwarna merah, dan terasa cukup panas dibandingkan kulit normal.

Saat ketiak terasa sakit, biasanya Anda juga akan mengalami demam. Jika pembengkakan kelenjar getah bening disebabkan oleh infeksi, rasa sakit yang Anda alami akan hilang saat infeksi berhasil disembuhkan.

Umumnya, ada beberapa hal yang meningkatkan resiko seseorang mengalami benjolan di ketiak. Mulai dari mencukur bulu ketiak dengan cara yang salah, menyusui, kanker payudara, kondisi kesehatan yang sedang terinfeksi, atau kanker kelenjar getah bening.

Baca Juga: Penyebab bisul bisa sembuh dengan 3 bahan alami ini

Penyebab Umum Benjolan di Ketiak

Buoy Health menyebutkan ada beberapa hal umum yang menyebabkan timbulnya benjolan di ketiak seseorang. Kelenjar getah bening merupakan suatu sistem dalam tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi bakteri, jamur, atau virus.

Saat bakteri atau virus menginfeksi tubuh, benjolan dapat terbentuk. Hal itu menyebabkan rasa sakit dan benjolan yang berwarna merah. Biasanya, bakeri akan menyerang paru-paru atau bagian tubuh yang lain. Sedangkan infeksi virus dapat menyerang telinga.

Selain infeksi bakteri, jamur, dan virus, ada penyebab umum lainnya yang menyebabkan benjolan muncul di ketiak. Mulai dari penyakit autoimun, organisme parasit, alergi, atai kelenjar keringat yang mengalami peradangan.

Penyebab Lain Benjolan di Ketiak

Selain penyebab-penyebab umum yang telah disebutkan, benjolan juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor yang jarang terjadi. Misalnya, bisul, kista, atau digigit serangga. Bisul atau kista bisa muncul saat Anda mencukur bulu ketiak dengan cara yang salah.

Saat kulit terluka, bakteri mudah menginfeksi sehingga kondisi itu terjadi. Tak hanya itu, beberapa jenis pengobatan juga bisa jadi penyebab muncul benjolan di bagian ketiak. Tubuh bisa mengalami alergi terhadap obat yang Anda gunakan.

Baca Juga: Kanker payudara juga bisa terjadi pada pria

Cara Mengatasi Benjolan di Ketiak

Saat Anda mendapati benjolan di sekitar area ketiak Anda, ada beberapa hal yang direkomendasikan Buoy Health untuk mengatasinya. Pertama, minum banyak air putih, apalagi saat Anda mengalami demam pula. Kedua, minum obat antiinflamasi, seperti ibuprofen.

Ketiga, jaga kebersihan bagian ketiak. Jangan biarkan ketiak berada dalam kondisi lembab dalam jangka waktu lama. Jika benjolan muncul tanpa ada penyebab apapun dan tidak hilang dalam beberapa hari, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat perawatan yang tepat.

Selanjutnya: Kenali ciri-ciri kanker payudara dari stadium 1, 2, 3 dan 4

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×