kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Banyak makan buah dan sayur bikin bahagia, apa alasannya?


Kamis, 13 Desember 2018 / 15:57 WIB
Banyak makan buah dan sayur bikin bahagia, apa alasannya?


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak kecil kita dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari untuk membuat tubuh sehat. Namun, mungkin belum banyak yang menyadari bahwa konsumsi banyak buah dan sayuran bisa membuat mood jadi lebih baik.

"Dengan menambahkan porsi buah dan sayur, kesehatan akan semakin baik, mood kita juga lebih baik dan tidak gampang stres," kata nutrisionis Jansen Ongko, M.Sc, R.D seperti dikutip kompas.com, Rabu (12/12).

Menurut Jansen, mood yang positif tersebut muncul karena asupan gizi terpenuhi. Apalagi kandungan tertinggi vitamin dan mineral terdapat pada buah dan sayuran. Ketika tubuh kekurangan nutrisi, organ tubuh tidak bisa bekerja optimal dan kita pun akan merasa lemas.

"Contohnya perempuan menstruasi kenapa craving (kelaparan) terus? Karena zat besi tidak terpenuhi. Nutrisi tidak terpenuhi makan mood akan semakin buruk," ujar pendiri Fitness Embassy itu.

Jansen menyebutkan, penelitian menunjukkan bahwa 80% orang Indonesia kekurangan asupan sayur dan buah. Bagi usia dewasa ia menyarankan konsumsi sayur sekitar 400-600 gram perhari dengan dua pertiga di antaranya terdiri dari sayur.

Usahakan mengkonsumsi beragam jenis buah dan sayur untuk manfaat yang lebih lengkap. "Setiap hari usahakan konsumsi satu porsi cap cay, gado-gado atau apa saja yang sayur dan buahnya warna-warni," kata Jansen.

Jansen menambahkan, cara terbaik mengonsumsi buah dan sayur adalah dikunyah. Namun, dengan kondisi kebanyakan masyarakat yang masih tidak terbiasa makan buah dan sayur secara rutin, mengkonsumsi buah dan sayur dalam bentuk jus lebih baik daripada tidak sama sekali.

Usahakan menghindari gula dan menggunakan buah-buahan manis sebagai penambah rasa manis. "Banyak jus di luar menambahkan gula untuk meningkatkan cita rasa. Padahal perbanyak saja buahnya," ujar Jansen. Misalnya nanas, mangga dan buah-buahan mani lainnya, sehingga tidak perlu menambahkan gula berlebih. (Nabilla Tashandra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Banyak Makan Buah dan Sayur Bikin Bahagia, Apa Alasannya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×