kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,02   -1,62   -0.17%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bahan alami ini cocok jadi obat sesak nafas, apa saja?


Sabtu, 27 Maret 2021 / 14:50 WIB
Bahan alami ini cocok jadi obat sesak nafas, apa saja?


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak hal yang menyebabkan sesak napas, seperti polusi atau kondisi kesehatan Anda yang terganggu. Supaya kondisi kesehatan Anda tak semakin parah, ada banyak obat sesak nafas yang bisa Anda gunakan.

Mengutip dari tatanutrikorner.com, obat alami bisa Anda gunakan untuk mengurangi frekuensi dan durasi sesak nafas yang Anda alami. Anda tidak perlu khawatir karena bahan-bahannya mudah didapat.

Tidak hanya itu, cara mengolah yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Jadi, sesak napas bisa teratasi secara optimal. Namun, jika sesak napas tak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter, ya.

Kunyit

Obat sesak nafas alami paling ampuh pertama yang bisa Anda coba adalah kunyit. Curcumin dalam kunyit berperan sebagai antiinflamasi. Selain itu, curcumin juga bisa berfungsi sebagai antiseptik dan antikuman.

Curcumin dalam kunyit bisa digunakan untuk menghindari alergi dan menghasilkan histamin. Produksi COX-2 prostglandins yang menyebabkan inflamasi juga bisa dihindari. Pada penderita asma, curcumin berpotensi untuk mengurangi sesak nafas.

Baca Juga: 5 Rekomendasi obat alergi dingin yang bisa Anda coba

Bawang merah

Obat sesa nafas alami paling ampuh selanjutnya yang dapat Anda konsumsi adalah bawang merah. Bawang merah mengandung quercetine yang bisa digunakan untuk melawan alergi penyebab sesak nafas.

Bawang merah juga mengandung sulfur organik yang memberikan banyak manfaat pada sistem pernapasan. Roma kuat saat bawang putih dipotong bisa membuat napas Anda menjadi lebih ringan.

Cara membuat obat sesak nafas alami paling ampuh dari bawang merah adalah dengan memarut setengah bawang merah kemudian campur dengan madu. Konsumsi campuran itu setiap hari.

Selain itu, tatanutrikorner.com juga merekomendasikan untuk meletakkan potongan bawang merah di dekat Anda saat tidur agar Anda tidak mengalami sesak nafas.

Baca Juga: Terkadang mirip masuk angin, ini tanda-tanda penyakit jantung yang harus diwaspadai

Minyak kayu putih

Ada banyak obat sesak napas yang bisa Anda gunakan.

Tatanutrikorner.com menyebutkan, minyak kayu putih sebagai obat sesak nafas alami paling ampuh. Minyak kayu putih mengandung cineole dan eucalyptol yang bisa membersihkan dan memberikan aroma yang menyegarkan.

Tak hanya itu, minyak kayu putih juga dilengkapi dengan kandungan antibakteri, antiviru, dan antijamur. Anda bisa mencampurkan 10 tetes minyak kayu putih pada air panas, kemudian hirup uapnya.

Uap minyak kayu putih bisa mengurangi sesak nafas dan juga mengurangi rasa cemas.

Selanjutnya: Waspada! Ini 8 tanda peringatan serangan jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×