kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sakit kepala sering datang tiba-tiba? Cegah dengan cara berikut ini


Senin, 16 Maret 2020 / 13:52 WIB
Sakit kepala sering datang tiba-tiba? Cegah dengan cara berikut ini


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sakit kepala, penyakit sederhana namun cukup mengganggu. Untuk Anda yang sering menderita sakit kepala, berikut tips pencegahannya.

Pernah tidak Anda mengalami sakit kepala atau rasa nyeri di daerah kepala saat sedang asik bekerja? Rasanya pasti sangat mengganggu sekali.

Susanti, Dokter Umum Balai Kesehatan Kompas Gramedia menjelaskan sakit kepala disebabkan oleh banyak faktor. Pertama, sakit kepala timbul karena stres berkepanjangan, cemas, dan depresi. 

Baca Juga: Anda penderita influenza? Ini Empat cara mempercepat penyembuhan flu

Kedua, sakit kepala muncul apabila posisi duduk Anda saat bekerja membuat otot leher kaku. Ketiga, sakit kepala disebabkan karena gaya hidup yang buruk seperti kurang tidur. Keempat, sakit kepala bisa tiba-tiba muncul saat musim pancaroba. 

Dokter Santi mengatakan sakit kepala bisa diobati dengan mengkonsumsi obat penghilang nyeri dan istirahat di tempat gelap dan sunyi.

Meski cara pengobatan sakit kepala terbilang sederhana, Anda sebaiknya melakukan pencegahan. Dengan begitu, Anda bisa fokus bekerja tanpa diganggu lagi dengan sakit kepala. 

Selain itu, Anda tidak perlu ke dokter untuk meminta resep sakit kepala. Berikut enam cara mudah untuk mencegah sakit kepala. 

Pertama, Anda sebaiknya mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan mematuhi jadwal makan. Makan tidak tepat waktu bisa memicu sakit kepala. 

Kedua, Anda penuhi kebutuhan cairan tubuh sehari-hari. Umumnya, jumlah konsumsi air dalam tubuh sekitar 1,5 liter per hari. 

Bila bosan minum air mineral alias air putih, Anda bisa mengantinya dengan jus buah segar. Minuman tersebut mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. 

Ketiga, Anda sebaiknya tidur cukup setiap hari. Umumnya, waktu tidur seseorang sekitar enam jam. Anda boleh tidur kurang dari enam jam bila memiliki kualitas tidur yang baik.  

Keempat, Anda sebaiknya mulai olahraga secara rutin. Anda bisa olahraga di dalam atau di luar ruangan. Idealnya Anda olahraga minimal 30 menit per hari. 

Baca Juga: Buat penderita penyakit diabetes, segera konsumsi nasi merah dengan cara ini

Kelima, Anda wajib mengelola stres dengan baik. Anda boleh lo pergi keluar kantor untuk melepas penat setelah menyelesaikan pekerjaan. 

Keenam, Anda sebaiknya hindari atau mengurangi konsumsi minuman beralkohol dan rokok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×