kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anda menderita radang tenggorokan? Segera sembuhkan dengan cara ini


Kamis, 18 Juni 2020 / 19:17 WIB
Anda menderita radang tenggorokan? Segera sembuhkan dengan cara ini


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyakit radang tenggorokan kerap menyerang Anda saat memasuki musim pancaroba. Alih-alih langsung ke dokter, Anda bisa meredakan radang tenggorokan dengan cara berikut ini.   

Peralihan musim kemarau ke penghujan seperti saat ini rentan membuat orang terserang berbagai penyakit. Salah satunya radang tenggorokan. 

Penyakit yang membuat tenggorokan tidak nyaman untuk menelan dan badan terasa meriang ini acapkali bikin aktivitas terganggu. 

Baca Juga: Anda menderita darah rendah? Ini makanan yang bisa menaikkan tekanan darah Anda

Untuk pertolongan pertama meredakan radang tenggorokan, ada beberapa cara sederhana yang bisa diterapkan dari rumah, dilansir dari Cleveland Clinic (9/12/2019). 

1. Minum air hangat 

Cobalah menyeruput minuman hangat seperti teh, air putih hangat, atau kuah sup. Bisa juga air dingin. Namun yang penting, usahakan asupan minuman tetap terjaga. 

Cairan membantu membersihkan selaput lendir, sehingga sirkulasinya lancar. Dengan sirkulasi lancar, infeksi sekunder seperti sinus bisa diantisipasi. 

Temperatur minuman yang hangat cenderung menenangkan bagian belakang tenggorokan. Namun ada juga orang yang lebih cocok dengan minuman dingin. Coba yang paling pas buat Anda. 

2. Berkumur dengan larutan garam 

Anda larutkan 1/2 sendok teh garam atau 1/2 sendok soda kue ke dalam segelas air hangat. Berkumurlah dengan larutan tersebut, tapi jangan ditelan. Anda ulangi rutinitas ini setiap tiga jam sekali. 
Sekedar info, larutan air garam bisa jadi obat radang tenggorokan karena dapat membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi. 

Sedangkan soda kue bisa menenangkan tenggorokan. Selain juga bermanfaat untuk memecah lendir dan membantu refluks asam yang mengiritasi tenggorokan. 

3. Obat penghilang rasa sakit 

Kandungan obat penghilang rasa sakit bisa meredakan nyeri di tenggorokan. Terutama antihistamin. 

Antihistamin merupakan bahan kimia yang membantu sistem kekebalan tubuh melawan zat asing yang masuk ke tubuh. Namun perlu dipertimbangkan untuk mengonsumsi obat penghilang rasa sakit dengan zat tersebut. 

Terkadang obat tersebut juga memicu gejala hidung mampet atau pilek. Sehingga radang terasa lebih sakit. 

4. Mandi air panas 

Anda bisa menghirup uap panas dari aktivitas mandi air panas. Saat Anda menghirup uap panas dalam-dalam, saluran pernapasan terasa lega. Akibatnya, rasa nyeri akibat radang tenggorokan terasa lebih reda. 

5. Minuman rempah  

Campuran minuman rempah seperti jahe, pala, atau kayu manis yang disajikan hangat dengan madu dan lemon sangat melegakan pengidap radang tenggorokan. 

Sifat madu secara alamiah dapat mengurangi iritasi sehingga rasanya menenangkan peradangan. Madu juga memiliki sifat antibakteri. 

Rasa manisnya bisa melegakan bagian ujung saraf tenggorokan dan mengurangi batuk. Sementara rempah-rempah dapat merangsang produksi air liur. Dengan begitu hidrasi dan aliran lendir di tenggorokan meningkat. 

6. Istirahat 

Walaupun badan dalam kondisi tidak nyaman, sebisa mungkin cobalah beristirahat. Letakkan kepala di atas bantal pada jam istirahat. Lalu coba pejamkan mata. 

Jika rasa sakit atau nyeri di tenggorokan tak tertahankan, coba ganti posisi dengan duduk bersandar. 

Hal-Hal yang harus dihindari penderita radang tenggorokan  

Setelah mencoba beberapa cara sederhana mengobati radang tenggorokan dari rumah, Anda juga perlu menjaga kondisi tubuh tetap stabil. 

Tujuannya agar tidak ada iritasi lanjutan. Hindari beberapa hal berikut selama radang tenggorokan: 

  1. Udara kering 
  2. Merokok 
  3. Makanan asam atau pedas 
  4. Berbaring setelah selesai makan, terutama jika ada gangguan asam lambung 

Kapan harus ke dokter 

Jika Anda sudah mencoba mengatasi sendiri dan radang tenggorokan tidak membaik. Anda disarankan untuk menghubungi dokter. Terutama dalam kondisi:

  1. Radang tenggorokan berkepanjangan, sampai menjalar ke telinga 
  2. Kesulitan menelan, bernapas, atau membuka mulut 
  3. Disertai batuk berdarah atau liur mengandung darah 
  4. Kelenjar getah bening membengkak atau tumbuh benjolan di leher 
  5. Ditemui ruam atau bercak putih di bagian belakang tenggorokan Demam konsisten tinggi Kehilangan suara lebih dari sepekan.(Mahardini Nur Afifah)

Baca Juga: Begini cara konsumsi madu yang baik untuk kesehatan tubuh Anda

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Sederhana Obati Radang Tenggorokan ala Rumahan",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×