kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Amazing! Ini manfaat infused water lemon dan jeruk nipis untuk kesehatan


Kamis, 02 Juli 2020 / 17:20 WIB
Amazing! Ini manfaat infused water lemon dan jeruk nipis untuk kesehatan


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Infused water lemon dan jeruk nipis bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut cara membuat infused water lemon dan jeruk nipis yang benar. 

Lemon dan jeruk nipis merupakan buah-buahan yang mengandung vitamin C. Selain itu, lemon dan jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Baca Juga: Wow! Ini loh manfaat teh lemon untuk kesehatan tubuh Anda

Antioksidan merupakan zat yang bermanfaat untuk mencegah atau memperlambat kerusakan sel yang disebabkan oleh radikan bebas. 

Seperti diketahui, radikal bebas apabila tidak dapat ditangani oleh tubuh, bisa memicu datangnya berbagai penyakit kronis. 

Melansir Kompas.com (1/2/2020), Kepala Unit Gizi RS JIH Solo, Himaa Aliya, S.Gz, mengungkapkan seseorang yang ingin meningkatkan sistem imunitas tubuh sebaiknya rutin mengonsumsi makanan sumber antioksidan. 

Antioksidan juga bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah terjadinya molekul tidak stabil yang diproduksi tubuh sebagai reaksi terhadap tekanan lingkungan maupun faktor lainnya. 

“Konsumsi makanan sumber antioksidan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Jika imunitas membaik, maka banyak penyakit yang bisa ditangkal oleh tubuh," jelas Himaa. 

Resep infused water lemon dan jeruk nipis 

Melansir Buku Manfaat Buah (2018) karya Dayat Suryana, lemon dan jeruk nipis termasuk buah dengan banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Salah satu nutrisi yang banyak terkandung di dalam dua buah tersebut tidak lain, yakni vitamin C. Dalam karya ilmiah yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Nutrition pada 2005, dijelaskan bahwa vitamin C berbanding terbalik dengan massa tubuh. 

Para peneliti menunjukkan hasil bahwa asupan vitamin C yang cukup bisa membantu tubuh memicu serangkaian reaksi kimia yang memecah lemak tubuh dan begitu berguna sebagai energi. 

Dalam Buku Jus & Infused Water Buah-buahan: Ampuh Tuntas Penyakit, Awet Muda dan Langsing (2014) karya Ayu Bulan Febry K.D., S.KM, ditawarkan lemon dan jeruk nipis bisa dikonsumsi dengan cara dibuat infsude water. 

Infused water yang dibikin dengan campuran dua buah tersebut menjadi minuman sumber vitamin C yang dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh, termasuk bisa usir pilek. 

Berikut ini beberapa bahan yang setidaknya diperlukan untuk membuat infused water jeruk nipis dan lemon: 

  • Dua buah lemon 
  • Dua buah jeruk nipis 
  • Satu sendok teh madu
  • Satu liter air putih 

Setelah semua bahan disiapkan, ikuti langkah pembuatannya berikut ini: 

  • Cuci buah lemon dan jeruk nipis dengan air mengalir hingga bersih. Bila perlu, gunakan antiseptik yang khusus untuk mencuci buah dan sayur Tanpa dikupas kulitnya, iris tipis lemon dan jeruk nipis sebanyak 10 potong Tuangkan air putih ke dalam botol kaca atau botol plastik yang ada tutupnya. 
  • Masukkan madu dan aduk rata Masukkan irisan lemon dan jeruk nipis ke dalam botol tutup rapat botolnya dan letakkan di dalam lemari pendingin Setelah 1 jam di lemari es. 

Anda bisa minum infused water jeruk nipis dan lemon itu saat air di botol tinggal ¼. Anda boleh mengisi ulang racikan tersebut dengan air, dan letakkan kembali ke dalam kulkas. 

Anda bisa melakukan hal ini beberapa kali. Namun perlu Anda ingat, waktu simpan infused water lemon dan jeruk nipis ini hanya berlaku 24 jam dalam kulkas.

Anda bisa makan buahnya, dengan syarat jika keadaannya masih segar Infused water ini bisa diminum pada pagi, siang, sore, maupun malam hari, karena mengandung asam, konsumsi infused water lemon dan jeruk nipis sebaiknya tidak dilakukan oleh mereka yang punya penyakit mag. 

Jika ingin mengonsumsinya, ada baiknya pada penderita penyakit maag untuk makan lebih dulu. Sementara itu, bagi yang menginginkan infused water ini lebih berasa, beraroma, dan berkhasiat, bisa juga peras dulu buah lemon dan jeruk nipis sebelum dimasukkan ke botol.(Irawan Sapto Adhi) 

Baca Juga: Awas! Minum air lemon berlebihan bisa menganggu kesehatan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Infused Water Lemon dan Jeruk Nipis untuk Dongkrak Imunitas", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×