kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,00   6,36   0.69%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Air mineral bisa menurunkan berat badan? Ini penjelasannya


Senin, 02 Maret 2020 / 09:34 WIB
Air mineral bisa menurunkan berat badan? Ini penjelasannya
ILUSTRASI. FILE PHOTO: A woman drinks water during sunset, as a heatwave hits France, in Cagnicourt near Cambrai, France, June 25, 2019. REUTERS/Pascal Rossignol/File Photo


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Air mineral alias air putih memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, salah satunya bisa menurunkan berat badan.  

Menurunkan berat badan bukanlah target yang bisa dicapai secara instan. Terlepas dari perubahan pola makan dan olahraga rutin, ada beberapa hal yang juga bisa kita lakukan untuk memaksimalkan usaha penurunan berat badan, salah satunya dengan minum air putih. 

Baca Juga: Sembelit bisa mengancam nyawa, cegah dengan cara ini

Sudah bukan rahasia bila Anda minum air dalam jumlah yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Air bahkan lebih penting lagi bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. 

Di dalam tubuh air membawa nutrisi penting ke sel-sel tubuh dan membersihkan racun di dalam tubuh. Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa minum dua gelas air sebelum makan bisa membantu proses penurunan berat badan. 

Studi dilakukan oleh para peneliti di Departemen Nutrisi Manusia, Makanan dan Olahraga di Sekolah Tinggi Pertanian dan Ilmu Hayati di Virginia Tech, Blacksburg. 

Dalam uji klinis, ditemukan bahwa peserta yang minum dua gelas air sebelum makan bisa menurunkan berat badan rata-rata 2 kg 
lebih banyak. Studi ini dilakukan pada 48 orang dewasa dalam kelompok usia 55-75 tahun.

Mereka secara acak dibagi menjadi dua kelompok. Kedua kelompok menjalani pola makan dengan kalori terkontrol. Namun, salah satu kelompok minum dua gelas air setiap sebelum makan (tiga kali sehari) dan kelompok lainnya tidak melakukannya.

Para peserta mengikuti pola yang sama selama 12 minggu. Setelah periode waktu ini, ditemukan bahwa orang yang minum dua gelas air setiap tiga kali sehari kehilangan sekitar 2 kilo berat badan dibandingkan dengan kelompok lain yang tidak melakukannya.

Mengapa air bisa membantu diet? Minum air sebelum makan akan membuat Anda cenderung makan lebih sedikit. Anda akan secara otomatis mengonsumsi lebih sedikit kalori dan kehilangan lebih banyak berat badan pada akhir hari.

Baca Juga: Begini cara gampang meningkatkan imun tubuh biar tak sakit di musim hujan

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dan bisa menurunkan berat badan dengan cepat, pola ini juga perlu didukung oleh faktor lainnya. Seperti mengurangi konsumsi gula dan minuman berkalori tinggi serta melakukan aktivitas fisik rutin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Minum 2 Gelas Air Sebelum Makan Bantu Turunkan Berat Badan"
Penulis : Nabilla Tashandra
Editor : Lusia Kus Anna
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×