kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ahli beberkan manfaat buka puasa dengan kurma


Rabu, 14 April 2021 / 18:30 WIB
Ahli beberkan manfaat buka puasa dengan kurma


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ahli ungkap manfaat berbuka puasa dengan kurma baik untuk pencernaan dan tidak membuat obesitas.  

Manfaat kurma untuk kesehatan ternyata sangat banyak, termasuk salah satunya daat mengembalikan energi tubuh dengan cepat karena kandungan gula alaminya. 

Baca Juga: 4 Manfaat kolang-kaling untuk kesehatan: menjaga kesehatan tulang sampai ginjal

"Tuntutan sunah berbuka puasa dengan kurma adalah cara yang paling sehat dan paling cepat juga dalam memulihkan tubuh kita dan menghasilkan energi." 

Demikian diungkapkan oleh Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr (Cand) dr Inggrid Tania MSi, dalam webinar di kanal YouTube PDPOTJI Online yang dikutip Kompas.com. 

Tania menyebutkan, beberapa kandungan gizi yang terkandung dalam sebutir kurma, antara lain protein, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, dan vitamin A. 

Selain itu, kurma juga tinggi akan serat pangan larut yang bisa memperlancar proses pencernaan serta bersifat antimikroba sehingga dapat melindungi lambung dan usus, misalnya dari parasit yang terbawa dalam makanan yang kita makan. 

Oleh karena itu, kurma sebetulnya tak hanya baik untuk dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa, tetapi juga baik untuk mengawali sesi makan. 

"Misalnya ketika traveling, makan di restoran atau ke warteg, lebih bagus makan kurma dulu karena baik untuk mengondisikan dan melindungi lambung dan usus kita dan membantu melawan parasit dan bakteri yang mungkin bisa masuk bersama makanan," ucapnya. 

Kurma tidak menyebabkan Obesitas 

Tania menjelaskan, kurma memang mengandung gizi makro seperti karbohidrat dan protein, tetapi kurma tidak menyebabkan obesitas karena tinggi kandungan serat. 

Sekadar gambaran, menurut Fatsecret, satu butir kurma mengandung sekitar 23 kalori, 0,03 gram lemak, 6,23 gram karbohidrat, dan 0,2 protein. 

Untuk mengawali berbuka puasa, Anda bisa mengonsumsi tiga hingga lima butir kurma. "Karena merupakan buah, kurma adalah pangan bebas kolesterol, bebas lemak, dan bisa dikatakan bebas sodium, walaupun ada sodium alaminya," ujar Tania. 

Kurma juga bebas gluten sehingga diyakini aman bagi orang-orang yang memiliki sensitivitas gluten. "Kalorinya rendah, tapi cukup memenuhi kalori di saat berbuka puasa dan sebelum makan," ucapnya.(Nabilla Tashandra) 

Baca Juga: 5 Cara meredakan asam lambung naik saat puasa

Selanjutnya: Manfaat blewah untuk kesehatan: mengobati maag sampai mencegah asma

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ahli Ungkap Sederet Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×