kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agar terhindar dari hipertensi, berapa batasan konsumsi garam per hari?


Selasa, 25 Agustus 2020 / 10:57 WIB
Agar terhindar dari hipertensi, berapa batasan konsumsi garam per hari?
ILUSTRASI. Hipertensi. Agar terhindar dari hipertensi, konsumsi garam harus dibatasi.


Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Garam telah menjadi bagian yang sangat sulit dipisahkan dari kehidupan banyak orang, termasuk masyarakat Indonesia. Maka dari itu, tidak mengherankan jika selama ini banyak ditemukan kasus hipertensi atau tekanan darah tinggi di sejumlah daerah. Kondisi itu salah satunya dipengaruhi oleh konsumsi garam berlebih. 

Ketika mangasup garam terlalu banyak, seseorang dapat meningkatkan jumlah natrium dalam sel. Kelebihan natrium juga dapat mengganggu keseimbangan cairan di dalam tubuh. Ketika cairan masuk ke dalam sel, maka kondisi ini dapat mengecilkan diameter pembuluh darah arteri. 

Baca Juga: 3 Penyebab jerawat yang tidak Anda sadari

Alhasil, jantung perlu memompa darah lebih kuat. Ketika hal itu terjadi, maka dapat meningkatnya tekanan darah. Sayangnya, saat tekanan darah naik, seseorang menjadi lebih berisiko terkena serangan jantung dan stroke. Selain itu, darah tinggi bisa menyebabkan penyakit ginjal kronis, sehingga patut diwaspadai. 

Bahaya kekurangan garam 
Di sisi lain, kekurangan natrium juga dapat membahayakan tubuh. Terlalu sedikit asupan garam di dalam tubuh bisa memicu munculnya penyakit tertentu. Pasalnya, tubuh manusia pada dasarnya tetap memerlukan asupan natrium dari garam. 

Mengurangi asupan garam secara frontal bisa membuat kandungan natrium dalam sel rendah. Dengan begitu, fungsi natrium dalam menahan cairan pada sel bisa terganggu. Ketika nilai osmotik cairan ekstraseluler turun, dapat mengakibatkan terganggunya pengaturan suhu tubuh, kejang otot, kelelahan, kelesuan, mual, muntah, pusing, hingga lemah. 

Baca Juga: Waspada, ini ciri-ciri diabetes dari luka yang muncul di kulit

Oleh sebab itu, konsumsi garam harus dilakukan secara tepat. Lalu, berapa idealnya batas konsumsi garam setiap hari agar tubuh tidak kelebihan dan kekurangan natrium? 

Batas aman konsumsi garam Sesuai dengan Permenkes No.30 tahun 2013 tentang Pencantuman Informasi Kandungan Gula, Garam, dan Lemak Serta Pesan Kesehatan Untuk Pangan Olahan dan Pangan Siap Saji, anjuran konsumsi garam adalah 2.000 mg natrium per orang per hari. Jumlah itu setara dengan garam 1 sendok teh atau 5 gram bahan. 




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×