kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan


Minggu, 17 Januari 2021 / 13:15 WIB
7 Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan
ILUSTRASI. Ilustrasi. Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh Anda.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Belimbing wuluh sering dimanfaatkan sebagai pengawet ikan alami. Nyatanya, belimbing wuluh kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh Anda.   

Belimbing wuluh, siapa yang tidak kenal buah mungil yang satu ini. Belimbing wuluh identik dengan warna hijau dan rasa asam serta mengandung banyak air. 

Baca Juga: 6 Jus buah dan sayur yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi

Rasa asam belimbing wuluh banyak dimanfaatkan untuk menambahkan segar menu makanan dan minuman. 

Sama seperti buah belimbing lainnya, belimbing wuluh mudah ditemui di pasar tradisional dan pasar modern. Sedangkan, tanaman belimbing wuluh banyak ditanam di halaman rumah dan kebun. 

Tanaman belimbing wuluh cukup mungil karena hanya setinggi 10 meter. Belimbing wuluh bisa ditanam di dalam polybag. 

Buah belimbuing wuluh berbentuk bulat lonjong berwarna hijau tua saat muda dan berubah menjadi kekuningan saat sudah masak. Bunga belimbing wuluh berwarna merah keungunan dan bergerombol. 

Kandungan Belimbing wuluh 

Mengutip dari buku berjudul 202 Jus Buah dan Sayuran, belimbing wuluh mengandung provitamin A, vitamin B, dan vitamin C, serta besi, kalsium, fosfor, dan kalium/potasium. 

Melansir dari buku Tanaman Obat Keluarga, karya Fauziah, belimbing wuluh mengandung cukup banyak zat aktif seperti saponin, tanin, peroksida, asam format, glukosa, kalsium oksalat, dan sulfur. 

Kandungan tersebutlah yang membuat belimbing wuluh banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Manfaat belimbing wuluh 

Buah belimbing wuluh memang asam, tapi di balik rasa tersebut tersimpan segudang manfaat baik untuk kesehatan. 

Belimbing wuluh bermanfaat sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan sejumlah penyakit dan juga untuk perawatan kulit wajah. 

Berikut manfaat belimbing wuluh yang harus Anda ketahui. 

1. Obat sariawan 

Sariawan, salah satu penyakit yang cukup menganggu dan membuat penderitanya tidak nyaman. 

Sariawan muncul saat tubuh kekurangan nutrisi, area mulut tergigit, infeksi jamur, virus, atau bakteri. 

Belimbing wuluh kaya akan vitamin C yang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan bisa menyembuhkann sariawan. 

Anda bisa mengonsumsi buah belimbing wuluh segar saat menderita sariawan. Saat sudah sembuh, ada baiknya Anda tetap mengonsumsi belimbing wuluh setiap hari untuk mencegah sariawan datang kembali. 

2. Obat darah tinggi 

Tekanan darah tinggi tidak boleh Anda sepelekan. Sebab, tekanan darah tinggi bisa memicu penyakit kronis seperti stroke dan jantung. 

Belimbing wuluh dipercaya efektif menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Hal ini disebabkan belimbing wuluh mengandung kalium yang berperan sebagai pengontrol tekanan darah dalam tubuh. 

Untuk mengobati darah tinggi, Anda cukup siapkan tiga buah belimbing wuluh dan biji sriganding 25 gram. 

Anda tumbuk biji sriganding sampai halus. Setelah itu, Anda rebus serbuk biji sriganding bersama dengan belimbing wuluh dan empat gelas air. 

Anda dinginkan saring air rebusan belimbing wuluh yang sudah mendidih. Anda minum air rebusan tersebut satu gelas per hari. 

3. Obat batuk 

Selain buahnya, bunga belimbing wuluh juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Mengutip dari Buku Toga, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian, bunga belimbing wuluh efektif mengobati batuk. 

Bunga belimbing wuluh ini bisa jadi solusi untuk Anda yang enggan minum obat farmasi untuk mengobati batuk. 

Untuk membuat obat batuk dari bunga belimbing wuluh cukup mudah. Anda siapkan bunga belimbing wuluh satu genggam, adas manis secukupnya, air /4 gelas, dan gula batu. 

Anda rebus semua bahan di atas sampai mendidih. Anda cukup minum dua sendok makan air rebusan bunga belimbing wuluh dua kali sehari. 

4. Menurunkan kadar kolesterol 

Kolesterol tinggi bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. 

Kadar kolesterol naik dipicu oleh sejumlah faktor seperti terlalu banyak konsumsi makanan berlemak, tidak olahraga secara teratur, dan obesitas. 

Mengutip dari buku berjudul Care Yourself, Kolesterol, belimbing wuluh bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. 

Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Universitas Widman, Surabaya. Penelitian tersebut menggunakan objek kelinci jantan. 

Hasilnya, air rebusan belimbing wuluh mampu menurunkan kadar kolesterol pada kelinci jantan. 

Tidak heran, belimbing wuluh mengandung saponin yang berperan menurunkan absorpsi kolesterol dalam tubuh. Selain itu, Kalium dalam belimbing wuluh berperan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

5. Mengobati jerawat 

Jerawat adalah musuh besar untuk kebanyakan kaum hawa. Mereka merasa kurang percaya diri saat jerawat mulai menyerang bagian wajah. 

Belimbing wuluh bermanfaat untuk mengobati masalah jerawat Anda. Untuk merasakan manfaatnya Anda bisa memarut tiga buah belimbing wuluh dan tambahkan sedikit garam 

Setelah itu, Anda tempelkan parutan belimbing wuluh tersebut di atas kulit yang berjerawat. Anda sebaiknya melakukan pengobatan herbal ini secara rutin dua kali sehari. 

6. Diabetes melitus

Mengutip dari Buku Toga, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian untuk mengobati penyakit diabetes melitus bagian yang digunakan adalah daun belimbing wuluh.

Berikut bahan dan cara membuat ramuan daun belimbing wuluh untuk mengobati penyakit diabetes melitus alias kencing manis. 

Bahan 

  • Daun belimbing wuluh 20 gram
  • Air secukupnya 

Anda cuci bersih daun belimbing wuluh. Kemudian, Anda lumatkan alias tumbuk daun belimbing wuluh dengan air. Anda tumbuh daun belimbing wuluh sampai halus. 

Anda minum tumbukan daun belimbing 1/4 cangkir dua kali sehari. 

Ada cara lain meracik ramuan daun belimbing wuluh untuk obat kencing manis. Berikut cara dan bahan yang dikutip dari Kompas.com. 

Bahan 

  • Daun belimbing wuluh tiga genggam
  • Air satu liter 

Anda cuci daun belimbing kemudian rebus sampai mendidih. Setelah itu, Anda dinginkan dan saring air rebusan daun belimbing wuluh. Anda minum rebusan air daun belimbing wuluh dua kali sehari, pagi dan sore.  

7. Gusi berdarah 

Belimbing wuluh efektif mengobati dan mencegah gusi berdarah. Anda cukup makan belimbing wuluh segar setiap hari untuk merasakan manfaatnya. 

Bagaimana, Anda tertarik untuk menggunakan buah belimbing sebagai obat herbal? 

Baca Juga: 4 Manfaat buah belimbing, bisa mencegah stroke

Selanjutnya: 5 Jus buah segar yang efektif meredakan asam urat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×